Pew Research Center: Terdapat Peningkatan Pengguna TikTok dalam Mengakses Berita Menjadi 43%
Pengguna TikTok lebih cenderung adalah perempuan. (foto: twitter @tiktok_us)

Bagikan:

JAKARTA - Menurut sebuah studi terbaru dari Pew Research Center, persentase pengguna TikTok yang secara reguler mengakses berita melalui aplikasi tersebut naik menjadi 43% pada tahun 2023 dari 22% setahun sebelumnya. Studi tersebut juga menemukan bahwa separuh dari pengguna dewasa di Amerika Serikat mendapatkan setidaknya sebagian berita mereka dari media sosial.

Organisasi berita bersaing dengan TikTok dan platform media sosial lainnya untuk mendapatkan perhatian konsumen dan anggaran pengiklan, banyak di antaranya mencari cara untuk menarik perhatian audiens Gen Z yang besar dan diinginkan oleh TikTok.

Analisis Pew terhadap konsumsi berita oleh warga Amerika, berdasarkan survei terhadap 8.842 dewasa AS yang dilakukan dari 25 September hingga 1 Oktober 2023, menemukan bahwa situs web atau aplikasi berita digunakan oleh 67% dari responden.

Menurut temuan Pew, Facebook yang dimiliki Meta merupakan platform media sosial paling populer untuk berita, di mana 30% warga Amerika mengatakan mereka secara reguler mengakses berita di sana, diikuti oleh YouTube dengan 26%, Instagram dengan 16%, dan TikTok dengan 14%.

Konsumsi berita di Facebook tetap tinggi meskipun Meta berupaya mengurangi prevalensi berita dan konten sipil lainnya di platformnya dalam beberapa tahun terakhir sebagai tanggapan terhadap tekanan regulasi di pasar kunci di seluruh dunia.

Pew menemukan bahwa konsumen berita reguler di Nextdoor, Facebook, Instagram, dan TikTok lebih cenderung adalah perempuan. Sementara konsumen berita reguler di Reddit, X, LinkedIn, dan YouTube yang dimiliki Alphabet   lebih cenderung adalah laki-laki.

Di bawah kepemilikan Elon Musk, konsumen berita reguler di platform X, yang sebelumnya bernama Twitter, sekitar setengahnya memiliki afiliasi politik yang seimbang, dengan 46% berpandangan Republik atau mendukung Republik, dan 49% berpandangan Demokrat atau mendukung Demokrat, menurut Pew.