TikTok Hadirkan Kemudahan Lewat Fitur Tambahkan ke Aplikasi Musik
TikTok hadirkan fitur Tambahkan ke Aplikasi Musik (foto: dok. TikTok)

Bagikan:

 

JAKARTA – Selain menjadi platform berbagi video, TikTok sering digunakan untuk mencari lagu. Tak jarang lagu di platform tersebut viral, tetapi para pengguna kesulitan untuk mencari judulnya.

TikTok menyadari bahwa mereka merupakan platform yang tepat untuk mempromosikan musik. Agar kemampuan ini bisa dioptimalkan, TikTok akhirnya menghadirkan fitur Add to Music App atau Tambahkan ke Aplikasi Musik.

Melalui fitur baru ini, pengguna tidak perlu repot mengingat judul lagu yang ingin mereka cari di platform streaming musik. Mereka cukup mengetuk menu yang TikTok tampilkan dan mereka akan langsung diarahkan ke aplikasi musik.

Dalam peluncuran fitur ini, TikTok bekerja sama dengan Apple Music, Amazon Music, dan Spotify. Ketiga layanan streaming musik ini akan menjadi opsi dalam fitur Tambahkan ke Aplikasi Musik.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa langsung mengetuk menu Tambahkan Musik di bawah caption video yang sedang disaksikan. Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke tampilan sejumlah video yang menggunakan musik tersebut.

Pada tampilan tersebut, TikTok menambahkan fitur Tambahkan ke Aplikasi Musik tepat di bawah informasi musik atau di samping menu Tambahkan ke Favorit. Fitur baru itu bisa langsung diketuk hingga TikTok menampilkan opsi layanan streaming musik yang diinginkan.

Cara baru menambahkan musik ini merupakan terobosan yang tepat dari TikTok. Global Head of Music Business Development TikTok Ole Obermann bahkan mengatakan bahwa kehadiran fitur baru ini menjadi salah satu langkah besar mereka.

“Aplikasi Tambahkan Musik mengambil proses ini selangkah lebih maju, menciptakan hubungan langsung antara penemuan di TikTok dan konsumsi pada layanan streaming musik sehingga memudahkan penggemar musik untuk menikmati lagu berdurasi penuh di layanan streaming musik pilihan mereka,” kata Obermann.

Selain memberikan kemudahan pada penggunanya, fitur Tambahkan ke Aplikasi Musik ini dinilai mampu menguntungkan layanan streaming dan memberikan penghasilan yang lebih besar ke artis dan pemegang hak cipta.

Sayangnya, fitur ini baru tersedia di Amerika Serikat dan Britania Raya. TikTok tidak menjelaskan kapan mereka akan melebarkan peluncuran ini, tetapi mereka menjanjikan kehadiran fitur ini di lebih banyak pasar.