Resso Bakal Tutup di Indonesia, Bytedance Bawa TikTok Music sebagai Pengganti
TikTok Music menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna (foto: dok. tiktok).

Bagikan:

JAKARTA - TikTok telah lama mendominasi pasar media sosial dengan format video pendek. Kini  perusahaan asal China ini meluncurkan aplikasi musik mandiri yang diklaim sebagai pesaing Spotify dan Apple Music.

Layanan streaming musik khusus berlangganan yang disebut TikTok Music telah lebih dahulu diluncurkan di Brasil dan Indonesia.

Bytednace sebagai induk TikTok mengatakan, aplikasi musik anyarnya itu hadir untuk menggantikan Resso yang akan berhenti beroperasi pada 5 September 2023. Pengguna Resso dapat memindahkan akunnya ke TikTok Music.

"Layanan streaming musik sosial terbaru ini akan memanfaatkan kekuatan TikTok untuk menemukan musik, yang membantu pengguna untuk menikmati lagu-lagu terfavorit yang tengah trending di TikTok Music," ujar Bytedance dalam sebuah pernyataan, dikutip Jumat, 7 Juli.

"Memberi pelanggan kemampuan untuk mendengar, mengunduh, dan membagikan lagu lengkap kepada komunitasnya, serta beralih dari TikTok ke TikTok Music dengan mudah," imbuhnya.

TikTok Music menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna di platform, meliputi Sync dengan Tiktok, Mainkan Lagu yang Trending, Temukan Musik yang Lebih Dipersonalisasi, Temukan Artis/Musisi yang Baru atau Sedang Naik Daun.

Pengguna juga dapat Temukan Komunitas Musik, Bernyanyi dengan Lirik Lagu Waktu Nyata, Buat Daftar Lagu Kolaboratif dengan Teman-Teman, Impor Perpustakaan Musik, Temukan lagu lewat Temukan Lirik dan Beri Judul Lagu untuk mencari tahu lagu yang sedang didengarkan dengan mudah lewat fitur Song Catch.

Selain itu, TikTok Music juga menawarkan katalog musik lengkap dari ribuan label dan artis atau musisi yang dapat didengarkan tanpa gangguan dan bebas iklan, serta fungsi unduh untuk pendengaran offline bagi para pengguna.

"Sebagai layanan musik berlangganan khusus premium, TikTok Music membawa pengalaman mendengar musik yang berkualitas tinggi, sambil meningkatkan kesempatan dan pendapatan bagi para artis atau musisi dan pemegang hak cipta," kata TikTok.

Pengguna baru TikTok Music dapat memanfaatkan uji coba gratis selama satu bulan di platform dan kemudian akan ditagih untuk pembayaran Rp44.900 per bulan (paket individu), Rp24.500 (paket pelajar), Rp79.000 untuk paket keluarga yang bisa terhubung enam akun. Aplikasi dapat diunduh di Play Store dan App Store.