Gantian Tiru Instagram, TikTok Bakal Punya Fitur Perpesanan di dalam Platform
TikTok berusaha untuk mengembangkan lebih banyak fitur keterlibatan sosial (foto: dok. tiktok)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok terlihat sedang berusaha untuk mengembangkan lebih banyak fitur keterlibatan sosial, yang mencakup perpesanan, obrolan in-stream dan lainnya.

Langkah perusahaan terungkap ketika perusahaan memasang iklan lowongan kerja baru yang berjudul TikTok Social, untuk membangun beberapa fitur dengan karyawan baru.

Pada daftar pekerjaan untuk seorang pimpinan teknik, TikTok memposting, "Kami adalah tim pengiriman pesan di TikTok. Misi tim kami adalah memfasilitasi hubungan pengguna yang bermakna melalui pengalaman pengiriman pesan TikTok, yang masih dalam tahap awal.”

Sementara untuk pemimpin teknologi backend, TikTok menjelaskan peran orang tersebut akan mencakup kolaborasi dengan tim di berbagai negara dan wilayah untuk memberikan solusi TikTok Social yang khas seperti pengiriman pesan.

Begitu juga pada peran insinyur perangkat lunak backend, menyatakan tim TikTok Social akan mengawasi “Profil Pengguna, Stories, Kotak Masuk, Pesan, Ikuti, Suka, Komentar, Tandai, dll.”

Dengan adanya informasi ini, aplikasi video pendek milik ByteDance itu akan bertindak seperti Instagram yang juga memiliki fitur perpesanan disebut Direct Messages (DM).

Instagram pun ikut meniru TikTok dengan fitur video pendeknya yang dijuluki Reels, seperti disitat dari Axios melalui The Verge, Rabu, 6 September.

Sebagai informasi, TikTok terus melaju untuk melibas para pesaingnya dengan menghadirkan fitur baru, meliputi pengujian aplikasi musik khusus, hadirkan lebih banyak belanja ke platform, merangkul podcast dan postingan teks.