JAKARTA - Selama bertahun-tahun, para astronom telah menggoda konsep planet lain di dalam sistem tata surya kita, yang biasa disebut Planet Sembilan (Nine).

Namun, para astronom Jepang kini mengungkapkan bahwa ada kemungkinan planet 'mirip Bumi' yang menunggu untuk ditemukan jauh lebih dekat dengan kita, tepatnya dalam Sabuk Kuiper, cincin berbentuk donat yang membentang tepat di luar orbit Neptunus.

Planet dalam Sabuk Kuiper (KBP) ini disebut-sebut berjarak hingga 500 unit astronomi (AU) dari matahari - 500 kali jarak antara Bumi dan matahari, dan lebih dekat daripada Planet Sembilan.

Para ahli mengatakan KBP ini memiliki massa hingga tiga kali lipat dari Bumi, namun suhunya kemungkinan terlalu dingin untuk mendukung kehidupan seperti yang kita kenal.

Studi ini dilakukan oleh Patryk Sofia Lykawka dari Universitas Kindai di Osaka, Jepang, dan Takashi Ito dari Observatorium Astronomi Nasional Jepang di Tokyo.

"Kami memprediksi adanya planet mirip Bumi," kata mereka dalam makalah mereka yang diterbitkan di The Astronomical Journal. "Adalah mungkin bahwa sebuah tubuh planet primordial bisa bertahan di Sabuk Kuiper jauh sebagai KBP, karena banyak tubuh semacam itu ada di awal tata surya."

Sabuk Kuiper berisi jutaan benda beku, yang disebut sebagai objek trans-Neptunus (TNO) karena mereka berada di luar Neptunus. TNO diyakini adalah sisa-sisa dari pembentukan tata surya dan terdiri dari campuran batu, karbon amorf, dan es volatile seperti air dan metana.

"Orbit objek trans-Neptunus (TNO) dapat menunjukkan adanya planet yang belum ditemukan di luar tata surya," kata tim Jepang, dikutip MailOnline.

Beberapa objek tersebut memiliki 'orbit yang aneh' yang menunjukkan bahwa mereka sedang dipengaruhi secara gravitasi oleh sesuatu yang lebih besar di dekatnya.

Sabuk ini juga memiliki populasi yang signifikan dari objek dengan kemiringan tinggi - yang memiliki kemiringan tinggi saat mengorbit matahari. Simulasi komputer menunjukkan bahwa KBP hipotetis dapat bertanggung jawab atas efek-efek ini.

"Kami menentukan bahwa sebuah planet mirip Bumi yang berlokasi pada orbit yang jauh dan miring dapat menjelaskan tiga sifat fundamental Sabuk Kuiper yang jauh," tulis mereka. "Yaitu, populasi TNO yang menonjol dengan orbit di luar pengaruh gravitasi Neptunus, populasi objek dengan kemiringan tinggi yang signifikan, dan adanya beberapa objek ekstrem dengan orbit yang aneh."

Para ahli mencatat bahwa mereka memprediksi, bukan mengonfirmasi, keberadaan planet Sabuk Kuiper ini, sehingga penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Mereka juga menekankan bahwa planet yang mereka usulkan berbeda dari Planet Sembilan yang sudah dihipotesiskan sebelumnya, yang jauh lebih massif dan diyakini berada pada orbit yang lebih jauh.

Planet Sembilan pertama kali dihipotesiskan oleh para ahli dari Caltech pada tahun 2014, dengan cara yang sama, mereka melihat bahwa orbit TNO paling jauh terganggu.

Para astronom masih mengklaim bahwa ini bisa dijelaskan oleh gaya tarik gravitasi planet kesembilan dalam tata surya kita yang mengorbit 20 kali lebih jauh dari matahari kita daripada Neptunus.

Namun, hingga saat ini, para astronom hanya memiliki bukti circumstantial atas keberadaan Planet Sembilan - dan ada yang tidak yakin bahwa planet ini benar-benar ada. Jika ada, Planet Sembilan berada di wilayah terluar tata surya kita, di luar Sabuk Kuiper, bukan di dalamnya.

Planet Sembilan dapat saja terbentuk di dalam tata surya bagian dalam pada awalnya dan kemudian terpental oleh interaksi dengan Jupiter, kata sebuah tim penelitian pada tahun 2020.

Penelitian lain yang diterbitkan awal tahun ini mengungkapkan bahwa Planet Sembilan bisa dikelilingi oleh 20 bulan panas, yang mungkin akan membantu para ahli menemukannya.