WhatsApp Kini Bisa Jaga Alamat IP Saat Pengguna Menelepon
WhatsApp hadirkan fitur penjagaan alamat IP (foto: dok. Meta)

Bagikan:

JAKARTA – Selain berupaya melindungi pengguna melalui enkripsi pesan end-to-end, kini WhatsApp menghadirkan fitur baru yang mampu menyembunyikan alamat IP penggunanya.

Diumumkan pada 8 November melalui situs web Engineering Meta, WhatsApp akan melindungi alamat IP pengguna saat mereka menelepon. Fitur ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan secara bebas oleh para penggunanya.

WhatsApp menjelaskan bahwa layanan panggilan mereka selama ini menggunakan koneksi peer-to-peer yang tidak begitu aman. Meski transfer data lebih cepat dan kualitas panggilannya sangat baik, pihak yang ditelepon bisa mengatahui alamat IP mereka.

Alamat IP berisi informasi yang sangat penting seperti lokasi pengguna secara real-time atau layanan internet yang digunakan penelepon. Kedua fitur ini menjadi bagian dari privasi dan seharusnya dijaga dengan lebih baik.

Jika fitur baru ini diaktifkan, WhatsApp memastikan bahwa tidak ada pihak lain yang bisa mengetahui lokasi atau informasi umum lainnya dari alamat IP. Pasalnya, fitur ini akan memberikan lapisan privasi dan keamanan tambahan.

Fitur ini tersedia di iOS dan Android. Untuk mengaktifkannya, pengguna WhatsApp hanya perlu membuka Pengaturan di aplikasi dan ketuk pilihan Privasi. Setelah itu, pilih menu Advanced hingga tampilan berikutnya menunjukan opsi penjagaan alamat IP.

WhatsApp menekankan bahwa panggilan seluruh penggunanya akan dienkripsi secara end-to-end. Walaupun fitur baru ini membuat panggilan pengguna diteruskan ke server WhatsApp, perusahaan itu tetap tidak bisa mendengar panggilan yang dilakukan penggunanya.