Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp kembali menambahkan lapisan keamanan dengan mengizinkan pengguna menggunakan alamat email untuk keperluan verifikasi akun.

Diketahui saat ini, pengguna yang ingin masuk ke akun WhatsApp harus menggunakan nomor telepon. Jika mereka kehilangan nomor itu, artinya pengguna berisiko tidak bisa mengakses akun mereka.

Untuk mencegah hal ini terjadi, layanan perpesanan milik Meta tersebut akhirnya menerapkan alamat email untuk verifikasi akun.

Dilaporkan pertama kali oleh WABetaInfo, fitur ini bersifat opsional dan pengguna tidak akan membuat akun dengan login email alih-alih nomor telepon.

Sebaliknya, alamat email mungkin berfungsi sebagai fitur keamanan untuk membantu melindungi akun WhatsApp dari peretasan dan pengambilalihan.

Fitur ini juga cukup berguna jika pengguna kehilangan ponsel atau dicuri, yang dapat menyebabkan masalah pemulihan akun WhatsApp dengan nomor telepon.

Pencuri mungkin tak tertarik dengan akun WhatsApp. Tetapi, pengguna tidak dapat langsung kembali ke WhatsApp mereka karena membutuhkan nomor telepon.

Dengan opsi keamanan email baru, pengguna bisa mengakses akun WhatsApp lagi dengan fitur baru itu lebih cepat.

Lapisan keamanan lainnya juga telah diterapkan WhatsApp, di mana saat pengguna menentukan alamat email, mereka akan diminta untuk memasukan PIN untuk akun. Jika pengguna tidak dapat mengingat PIN, merela dapat menggunakan alamat email tertaut untuk menyetel ulang.

Fitur yang telah diperkenalkan sejak April lalu ini, menyertakan kode keamanan otomatis yang akan meningkatkan proses verifikasi keamanan end-to-end.

Karena masih dalam pengembangan, fitur log in dengan email ini baru terlihat di WhatsApp beta untuk Android 2.23.16.15.

Belum jelas apakah perusahaan juga akan menerapkan opsi keamanan serupa untuk pengguna iOS. Demikian dikutip dari Android Police dan BGR, Senin, 7 Agustus.