Jangan Bingung! Begini Cara Mudah Menemukan Alamat IP Ponsel Anda di Android atau iPhone
IP Address dapat berfungsi sebagai identitas diri dari suatu perangkat. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda sudah lama menggunakan smartphone Android ataupun iPhone, tetapi belum mengerti bagaimana dan dimana menemukan alamat IP publik dan pribadi di ponsel Anda, VOI akan membantu Anda menemukannya.

Apa itu Alamat IP?

IP merupakan singkatan dari Internet Protocol, atau alamat IP. Alamat IP adalah label bernomor yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Jadi, selama online, Anda memiliki alamat IP.

Pada perkembangannya, IP address sendiri dibagi menjadi dua: IPv4 dan IPv6. IPv4 merupakan versi IP address yang masih menggunakan 32 bit dan telah digunakan sejak 1980 silam. Sedangkan, IPv6 adalah versi penyempurnaannya.

Memeriksa alamat IP perangkat dapat membantu Anda mengidentifikasinya di jaringan rumah dan internet pada umumnya. Sebenarnya, ada dua alamat IP, publik dan pribadi, untuk mengidentifikasi setiap perangkat termasuk telepon Anda:

Alamat IP publik (atau alamat IP global)

Alamat IP publik adalah cara internet melihat perangkat apa pun di jaringan Anda. Karena ini khusus jaringan, IP global Anda akan sama baik Anda menggunakan ponsel, PC desktop, atau perangkat lain di rumah.

Alamat IP pribadi (atau alamat IP lokal)

Alamat IP pribadi mengidentifikasi perangkat di jaringan Anda sendiri. Hanya satu perangkat yang dapat memiliki alamat tertentu di jaringan, tetapi alamat yang sama juga dapat digunakan di jaringan pribadi lainnya.

Cara Menemukan Alamat IP Pribadi Ponsel Anda

Ketika Anda ingin mengetahui alamat IP ponsel Anda, ada dua nilai yang harus diperiksa. Begini cara menemukan alamat IP pribadi ponsel Anda di jaringan rumah Anda.

Cara Menemukan Alamat IP Pribadi Ponsel Android Anda

Berikut adalah langkah-langkah untuk menemukan alamat IP lokal ponsel Android Anda, yang ditampilkan pada perangkat Pixel yang menjalankan Android 11. Lokasi informasi dan nama menu mungkin sedikit berbeda tergantung pada ponsel Android Anda:

  1. Buka Pengaturan dan ramban ke Jaringan & internet > Wi-Fi.
  2. Jika Anda belum terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, ketuk namanya dan konfirmasikan bahwa Anda telah bergabung.
  3. Ketuk nama jaringan dan perluas bagian Lanjutan.
  4. Anda akan menemukan alamat IP Anda dan informasi lainnya di bawah Detail Jaringan.

Cara Menemukan Alamat IP Pribadi iPhone Anda

Untuk menemukan alamat IP lokal Anda di iPhone, inilah yang harus dilakukan:

  1. Buka Pengaturan > Wi-Fi.
  2. Jika Anda belum terhubung ke jaringan rumah Anda, ketuk dan hubungkan sekarang.
  3. Ketuk nama jaringan Anda untuk membuka opsi dan melihat informasi lebih lanjut.

Anda akan melihat bidang Alamat IP terdaftar di bawah header Alamat IPv4. Anda mungkin melihat header Alamat IPv6 di bawah ini, tergantung pada jaringan Anda.

Cara Memeriksa Alamat IP Publik Ponsel Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui alamat IP pribadi ponsel Anda di jaringan Anda, mari kita lihat cara memeriksa alamat IP global perangkat Anda.

IP publik Anda mudah ditemukan karena perangkat apa pun di internet dapat melihatnya. Dengan demikian, Anda dapat mengunjungi banyak situs web yang akan menampilkan alamat IP publik Anda secara instan, langsung di ponsel Anda.

Cukup buka Chrome di ponsel Android Anda atau Safari di iPhone Anda, kemudian navigasikan ke situs web pemeriksa IP publik, seperti salah satunya:

  1. ME
  2. WhatIsMyIP
  3. What Is My IP Address

Anda akan melihat bahwa beberapa situs ini juga menampilkan lokasi Anda, nama ISP, dan info serupa. Ini karena alamat IP Anda membawa informasi ini bersamanya. Namun, Anda tidak dapat mengetahui nama dan alamat pasti seseorang dari alamat IP mereka.