Memahami Alamat IP Dinamis dan Statis Serta Penggunaan VPN untuk Menyembunyikan IP Address Anda
Mengetahui alamat IP perangkat Anda dapat membantu saat Anda memecahkan semua jenis masalah jaringan. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Jika sebelumnya Anda sudah membaca tentang IP Address dan bagaimana cara menemukannya di ponsel Android ataupun di iPhone Anda, sekarang Anda harus memahami alamat IP dinamis dan statis.

Anda harus menyadari bahwa alamat IP publik dan IP pribadi yang Anda temukan untuk telepon Anda tidak diatur secara langsung. Alamat IP global dan lokal ponsel Anda menunjukkan alamat IP dinamis.

Ini mengartikan bahwa setelah beberapa waktu atau ketika perangkat dihidupkan ulang, perangkat tersebut atau seluruh jaringan Anda akan mendapatkan alamat IP baru. Begitupun sebaliknya, IP statis tidak berubah seiring waktu seperti ini.

Penggunaan IP Statis biasanya digunakan untuk bisnis bagi perusahaan-perusahaan atau instansi pemerintahan. Sedangkan IP Dinamis, IP nya dapat berubah-ubah, tidak seperti IP Statis.

IP publik dinamis lebih mudah dikelola oleh ISP Anda seperti Comcast atau Verizon karena mereka dapat mengeceknya sesuai kebutuhan. Anda dapat meminta IP statis dari ISP Anda, dengan dikenakan biaya tambahan.

Untuk alamat IP pribadi, router Anda akan membagikannya secara dinamis ke perangkat di jaringan Anda menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Dalam praktiknya, ini berarti ketika Anda menghubungkan perangkat baru ke Wi-Fi rumah Anda, Anda tidak perlu menetapkan alamat IP secara manual dan melacak semuanya sendiri.

Anda dapat menentukan alamat IP pribadi statis menggunakan router dan pengaturan di berbagai perangkat jika Anda mau. Tetapi harus diperhatikan, melakukannya secara tidak benar dapat menyebabkan masalah, seperti konflik IP, dan lain sebagainya.

Cara Menyembunyikan Alamat IP Ponsel Anda

Setelah menemukan IP Anda saat ini dan mengetahui bahwa itu mengungkapkan lokasi Anda, Anda mungkin khawatir tentang implikasi privasi ini. Jika demikian, salah satu cara untuk mengaburkan IP publik Anda adalah dengan mulai menggunakan VPN (Virtual Private Network).

VPN akan menutupi IP Anda dan dapat mempersulit koneksi penjelajahan Anda ke Anda atau lokasi Anda. VPN adalah cara mudah untuk menyembunyikan IP publik Anda dari sebagian besar skenario.

Sekarang Anda tahu, apa pun ponsel yang Anda gunakan, sangatlah mudah untuk melihat alamat IP Anda. Anda sekarang dapat melihat alamat IP ponsel Anda kapan saja.