Bagikan:

 

JAKARTA - Pengiriman iPhone buatan India terus meningkat secara global setiap tahunnya. Bahkan, perangkat iPhone dari India diprediksi menyumbang 12 hingga 14 persen dari jumlah produksi tahun ini.

Berdasarkan peningkatan dan besarnya peluang pasar di Asia Selatan, Analis Ming-Chi Kuo dari TF International Securities memprediksi adanya peningkatan pengiriman iPhone buatan India tahun depan.

India diperkirakan akan menyumbang sekitar 20 hingga 25 persen produksi iPhone dari total global, mengutip dari TechCrunch. Apple juga mungkin mengalihkan 25 persen dari total produksi ke India di tahun 2025, menurut analisis Kuo.

Prediksi ini sangat mungkin terjadi jika melihat pergerakan Apple. Perusahaan itu berusaha menjadikan India sebagai pasar utama produk mereka setelah bekerja sama dengan Tata Group.

Per akhir Oktober kemarin, Tata Group diumumkan sebagai perakit resmi iPhone. Hasil produksi perusahaan itu akan didistribusikan ke negara mereka sendiri, yaitu India, dan secara global.

Selain bekerja sama dengan Tata Group, Apple juga telah membuka dua toko ritel resmi di India dan berencana memperluas layanan di negara tersebut. Mereka telah bekerja sama dengan HDFC Bank untuk meluncurkan Apple Pay di India.

Langkah besar dari Apple ini mungkin bisa menguntungkan pendapatan perusahaan di masa mendatang. Apple juga perlu memperluas bisnis mereka agar perusahaan mereka bisa terus berkembang dalam beberapa dekade mendatang.