Lepas Ketergantungan dari China, iPhone 12 Bakal Diproduksi di India
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dikabarkan akan memulai produksi iPhone 12 di India dengan menggandeng mitranya, Wistron. Hal itu terlihat saat perusahaan tersebut tengah merekrut karyawan di negara itu.

Dikutip dari Gadget NDTV, Kamis, 20 Agustus, Wistron kemungkinan akan mempekerjakan 10 ribu karyawan untuk bekerja di pabrik Narasapura di Bengaluru. Hampir 1000 karyawannya saat ini dikatakan sedang mengerjakan iPhone 12 dan produksi akan dimulai pada Oktober mendatang.

iPhone model baru ini tampaknya siap dikirim pada pertengahan 2021. Sepertinya ponsel ini ditujukan untuk pasar India dan produksi lokal akan berfungsi sebagai sarana bagi Apple, untuk memotong biaya bea cukai atau pajak yang bisa mencapai 22 persen.

Diketahui, India merupakan pasar smartphone terbesar kedua di dunia dan meskipun Apple mendominasi kategori premium, pangsa keseluruhannya mencapai 1 persen. Terutama karena harga ponselnya yang tinggi dan meningkatnya persaingan dari perusahaan China yang menawarkan berbagai produk yang tidak sedikit modelnya.

Apple telah membuat smartphone dengan harga lebih rendah di India sejak 2017. Bulan lalu saingan Wistron, Foxconn mulai memproduksi iPhone 11 di pabriknya di negara tersebut. Ini adalah pertama kalinya Apple memproduksi model top-of-the-line di India.

Setelah memulai produksi iPhone 11 di India, Apple melihat produksi lokal iPhone 12 dan iPhone SE juga bisa dimulai pada akhir tahun ini.

Menurut sebuah laporan, Pegatron yang merupakan perakit iPhone terbesar kedua, juga dikabarkan akan mendirikan pabrik di India. Selain itu, Apple juga berencana membuka toko andalan pertamanya di negara itu pada 2021.

Meningkatkan produksi di India juga akan membantu Apple mengurangi ketergantungannya pada China, di mana sebagian besar smartphone-nya saat ini dibuat. Namun, belum diketahui apakah model iPhone 12 yang diproduksi di India juga akan dijual di negara lain.