Bagikan:

JAKARTA - Setelah meluncurkan saluran broadcastnya di Instagram dan WhatsApp beberapa waktu lalu, kini Meta mulai meluncurkan saluran broadcast ke Facebook dan Messenger. 

"Saluran broadcast adalah alat pengiriman pesan publik satu-ke-banyak untuk Halaman di Facebook dan merupakan tambahan terbaru pada rangkaian alat canggih Facebook yang dapat digunakan oleh admin Halaman," tulis Meta dalam pengumumannya dikutip Kamis, 19 Oktober. 

Selain itu, Meta juga menyebutkan bahwa saluran broadcast ini merupakan tempat bagi pengikut untuk merasa lebih terhubung dan menyelami lebih dalam hal-hal yang paling penting bagi mereka. 

Admin Halaman dapat menggunakan fitur saluran broadcast untuk melakukan hal seperti jajak pendapat, mengirimkan foto atau video di balik layar, dan menggunakan catatan suara untuk ekspresi yang lebih autentik.

Lebih lanjut lagi, Meta mengaku saat ini mereka sedang menguji kemampuan Pages untuk membuat saluran broadcast, dan berharap dapat meluncurkannya dalam beberapa minggu mendatang.  

Meta masih meluncurkannya secara bertahap, jika Anda mengelola Halaman di Facebook di mana saluran broadcast ini sudah tersedia, Anda dapat memulai saluran langsung dari Halaman Anda. 

Namun jika tidak, Anda dapat bergabung dalam daftar tunggu  dan Anda akan diberi tahu saat fitur tersebut tersedia untuk Anda.

Setelah saluran broadcast dibuat dan pesan pertama dikirim, pengikut Halaman tersebut akan menerima pemberitahuan satu kali untuk bergabung dengan saluran tersebut. 

Perlu diketahui bahwa hanya pembuat saluran yang dapat mengirim pesan, namun anggota saluran siaran dapat bereaksi terhadap pesan dan memberikan suara dalam jajak pendapat.  

Anda dapat bergabung dengan saluran siaran dari profil Halaman favorit Anda di Facebook. Setelah bergabung, Anda akan mulai menerima pemberitahuan saat konten diposting atau Anda dapat membisukan notifikasi dari saluran tersebut.