Valve Menambahkan Pemeriksaan Baru untuk Pengembang Gim di Steam
Steam memberikan pembaruan baru (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Steam menambahkan pemeriksaan keamanan baru, setelah sebelumnya ditemukan peretas menyusupi akun Steam dari beberapa pengembang gim dan memperbarui gim mereka dengan malware. 

Akun pengembang gim Steam beberapa waktu lalu disusupi dan digunakan untuk memperbarui gim mereka untuk menyebarkan malware. Hasilnya, kurang dari 100 pengguna Steam telah menginstal gim tersebut. 

Meskipun upaya menggunakan Steam untuk mendistribusikan malware tidak terlalu efektif, Valve telah mengambil langkah besar untuk mencegah hal ini terjadi lagi. 

Mulai 24 Oktober nanti, pengembang gim akan diminta untuk melewati pemeriksaan otentikasi dua faktor sebelum memperbarui gim yang akan dikirimkan Steam secara otomatis dalam pembaruan otomatis ke sebagian besar pemain yang menginstalnya.

Pesan teks SMS akan menjadi satu-satunya cara untuk menerima kode dua faktor tersebut, sehingga mitra Steam harus mendaftarkan nomor ponsel untuk digunakan kapan pun mereka ingin memperbarui versi rilis utama gim mereka. 

Bagi pengembang yang tidak memiliki ponsel, postingan Valve tentang perubahan tersebut mengatakan "maaf", tetapi mereka akan "membutuhkan ponsel atau cara untuk menerima pesan teks" jika ingin terus memperbarui game mereka.

Valve mengatakan kepada PC Gamer bahwa "gesekan ekstra" bagi mitra ini adalah "pengorbanan yang diperlukan untuk menjaga keamanan pengguna Steam dan pengembang menyadari potensi kompromi pada akun mereka." 

Insiden baru-baru ini bukanlah satu-satunya upaya untuk mendapatkan akses tidak sah ke akun mitra Steam: Valve mengatakan telah melihat "peningkatan serangan canggih" yang menargetkan akun pengembang yang merilis game di Steam.

Mitra Steam juga perlu menggunakan verifikasi SMS untuk menambahkan pengguna baru ke grup mereka, dan Valve mengatakan bahwa mereka berencana untuk menambahkan pemeriksaan keamanan dua faktor ke tindakan backend Steam lainnya di masa depan.