NASA Persiapkan Misi Artemis 2, Dari Toilet Hingga Makanan untuk Astronaut
NASA persiapkan pesawat Orion dan kru yang akan terbang dalam misi Artemis 2 (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berhasil mendaratkan manusia di bulan dalam misi Apollo 11 pada tahun 1969, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana kembali ke bulan melalui misi Artemis 3.

Namun, sebelum misi itu berlangsung, NASA mempersiapkan misi Artemis 2 terlebih dahulu. Misi Artemis 2 akan menggunakan pesawat ruang angkasa Orion untuk membawa empat astronaut.

Meski Artemis 2 tidak benar-benar mendarat di bulan, hanya sebagai pembuka dari misi Artemis 3, NASA tetap memperhatikan kebutuhan dari para astronaut yang akan menghabiskan banyak waktu di luar angkasa.

Dari data Space, pesawat ruang angkasa Orion akan memiliki ruang kebersihan yang dipenuhi ruang privasi, toilet, hingga area untuk menyimpan peralatan kebersihan mereka. Meskipun tidak ada cukup air di sana, Orion menyediakan sabun hingga sampo tanpa bilas.

Menariknya, toilet di Orion bisa mengumpulkan urine dan feses secara terpisah. Urine akan dibuang ke laut, sementara feses dikumpulkan dan disimpan dengan aman sampai pesawat kembali ke bumi.

NASA juga menyediakan peralatan medis di dalam Orion. Ada beberapa barang seperti barang pertolongan pertama, stetoskop, dan peralatan lainnya. Para kru juga memiliki kesempatan untuk berbicara dengan ahli bedah dalam membahas kesehatan fisik dan mental mereka.

Orion memiliki ruang khusus untuk beristirahat dengan satu set kantong tidur sederhana. Untuk makannya sendiri, NASA sedang menguji makanan yang aman dibawa ke orbit dan disesuaikan dengan selera serta kebutuhan masing-masing kru.

Meski NASA berusaha menyediakan seluruh kebutuhan kru Orion, pesawat ini belum selesai dibangun. Kabarnya, NASA tidak akan melakukan uji coba penerbangan Orion untuk menjaga kemurnian pesawat ini hingga akhirnya resmi diluncurkan akhir tahun depan.