NASA Bikin Sayembara Desain Toilet untuk di Bulan Berhadiah Rp502 Juta
Ilustrasi toilet di luar angkasa (dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan antariksa NASA punya misi menarik bagi siapa saja yang bisa merancang dan mendesain toilet serbaguna untuk ditempatkan di Bulan. Hadiahnya pun tak tanggung-tanggung sekira 35 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp502 juta.

Dijuluki "Lunar Loo Challenge", toilet ini nantinya akan digunakan untuk astronaut yang mendarat di Bulan pada akhir 2024 dalam program Artemis. Di mana untuk pertama kalinya NASA ingin mengirim wanita pertama untuk menginjakkan kaki di permukaan Bulan.

Lantaran misi ini akan melibatkan astronaut wanita, maka NASA ingin mengadaptasi desain toilet yang nyaman dipergunakan pria maupun wanita. Sehingga, kru penjelajahan Bulan dapat menjalankan misinya dengan nyaman, apalagi gravitasi di bulan hanya 1/6 dari gaya berat di Bumi.

"Konsep desain toilet Lunar harus memungkinkan para astronaut buang air kecil dan besar baik dalam gayaberat mikro dan pada gravitasi bulan," ungkap HeroX seperti dikutip dari CNN Internasional, Senin 29 Juni.

Bekerjasama dengan HeroX, NASA akan memposting tantangan desain untuk toilet yang akan ditempatkan di Bulan. Salah satunya mengenai desain toilet yang harus dibuat hemat air, bebas dari bau dan kontaminasi lingkungan di area pendaratan. 

Kriteria lainnya, toilet ini bisa mendukung dua astronot selama 14 hari dan memungkinkan untuk transfer limbah yang dikumpulkan ke penyimpanan atau untuk pembuangan di luar kendaraan.

"Solusi lengkap akan menjadi solusi yang dapat mendukung awak dua astronot selama 14 hari, sambil mengendalikan bau, menampung berbagai jenis limbah seperti urin, feses, muntah, diare, menstruasi, dan penggunaan oleh gender yang berbeda (perempuan dan laki-laki)," jelas HeroX.

Syarat tambahan, toilet harus mudah dibersihkan, dan hanya perlu daya kurang dari 70 watt. Penyesuaian dengan kondisi luar angkasa juga diperlukan sehingga bobot toilet harus kurang dari 15 kg dari berat di Bumi dan volumenya kurang dari 0,12 meter kubik.

Jika tertarik, silakan unggah konsep desain dari toilet untuk di Bulan pada alamat situs HeroX. Adapun deadline menyerahkan desain toilet untuk di Bulan ini paling lambat 17 Agustus 2020 dan akan diumumkan pada Oktober. Tiga orang pemenang akan mendapatkan hadiah dari 20.000, 10.000 dan 5.000 dolar AS.