Empat Kru Misi Artemis NASA Bertemu dengan Presiden AS Joe Biden
Empat kru Artemis dan Presiden Joe Biden (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA – Empat astronot dalam misi Artemis, pendaratan manusia di Bulan, bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington pada Kamis, 14 Desember.

Dalam rilis yang dibagikan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Biden bertemu dengan Astronaut NASA, Reid Wiseman, Victor Glover, Christina Koch, dan Astronaut Badan Antariksa Kanada (CSA) Jeremy Hansen di Ruang Oval.

Selama pertemuan berlangsung, Biden dan para astronot mendiskusikan uji penerbangan yang akan segera digelar. Mereka juga banyak membicarakan ilmu pengetahuan tentang bulan, termasuk batu Bulan yang dipajang di Ruang Oval.

Momen pertemuan ini sempat dibagikan oleh Biden di media sosialnya. Pemimpin negara itu mengaku senang telah menyambut keempat awak pesawat yang akan diterbangkan dalam misi penjelajahan dan pendaratan di Bulan.

“Saya mendapat kehormatan menyambut kru pemberani misi Artemis II ke Bulan di Gedung Putih. Di sini, di Bumi, anak-anak kita akan mempelajari nama-nama para pionir ini,” tulis Biden pada Rabu, 20 Desember.

Biden juga mengatakan bahwa keempat awak pesawat ini akan menjadi bagian dari sejarah dan akan membawa dunia ke masa depan yang lebih baik. Pembangunan masa depan juga dipercaya bisa tergapai lewat misi Artemis.

Dalam waktu dekat, keempat astronot akan mengelilingi orbit bulan lewat misi Artemis II. Misi ini merupakan bagian dari pengujian sebelum astronot didaratkan di Bulan. Rencananya, misi ini akan digelar pada November tahun depan.

Setelah misi Artemis II selesai digelar, NASA akan melanjutkan misi pendaratan yang sesungguhnya lewat Artemis III. Pada misi ini, NASA akan mendaratkan astronot wanita pertama di Bulan.