Bagikan:

JAKARTA – Sejumlah pelaku industri kripto terkemuka di AS bersatu untuk mendukung calon presiden yang ramah terhadap kripto di pemilu 2024. Mereka telah mengumpulkan dana sebesar $78 juta (Rp1,2 triliun) melalui tiga komite tindakan politik (super PAC) yang didukung oleh para eksekutif dan investor kripto.

Super PAC adalah kelompok yang menggalang dana untuk mendukung atau menentang calon atau kebijakan tertentu. Super PAC bisa menerima sumbangan tanpa batas dari individu, perusahaan, atau organisasi.

Politik kripto menjadi isu yang memecah belah di AS, dengan sebagian pihak ingin menghambat dan melarang kripto, sementara sebagian lain ingin mendorong dan mengembangkan industri ini.

Menurut laporan Politico pada 18 Desember 2023, kampanye pro-kripto ini didukung oleh raksasa modal ventura Andreessen Horowitz (a16z), bursa kripto Coinbase, dan pengusaha kripto Cameron dan Tyler Winklevoss.

Selain itu, ada juga Ark, Blockchain Capital, Circle, Kraken, Messari, Paradigm, Ripple, serta pemodal ventura Ron Conway dan Fred Wilson yang ikut mendukung kampanye ini.

Kampanye ini merupakan upaya terbaru dari industri kripto untuk mempengaruhi politik AS, setelah sebelumnya ada Sam Bankman-Fried, pendiri bursa kripto FTX, yang menyumbang jutaan dolar untuk kampanye Partai Demokrat.

Tujuan kampanye ini adalah mendukung pembuat kebijakan yang bersimpati dengan industri kripto, di tengah tekanan regulasi yang meningkat dan kritik dari sejumlah senator yang pro-bank.

Kara Calvert, Kepala Kebijakan AS di Coinbase, mengatakan, "Ini menunjukkan komitmen serius dari industri kripto untuk terlibat dalam pemilu 2024."

Pada 18 Desember 2023, CEO Ripple, Brad Garlinghouse, juga menyatakan dukungannya terhadap kampanye ini. Ia mengatakan bahwa perusahaannya bersama pemimpin industri lainnya berinisiatif untuk mendukung capres yang pro-inovasi dan pro-kripto.

Ia menambahkan bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah menghambat perkembangan kripto di AS, sementara negara lain telah memanfaatkan peluang dari inovasi ini.

Chris Dixon, kepala dana kripto a16z, mengatakan bahwa cara untuk melawan lobi bank dan teknologi besar adalah dengan menunjukkan bahwa kripto dan blockchain bisa menjadi kekuatan yang positif.