Bagikan:

 JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan kembali mengirimkan astronaut ke bulan melalui misi Artemis III. Pada misi ini, astronaut NASA akan memakai pakaian yang dikembangkan oleh Axiom Space.

Dalam kabar terbaru yang dikutip dari Spacenews, Axiom Space telah bermitra dengan salah satu perusahaan untuk mengembangkan pakaian astronaut NASA. Mitra ini adalah Prada, merek mewah asal Itali.

Axiom Space tidak sembarangan memilih mitra. Mereka menyatakan bahwa Prada ahli dalam memanfaatkan barang lunak serta teknologi untuk pembuatan pakaian. Axiom Space juga memuji Prada sebagai brand yang lebih dari sekadar mode.

Prada akan mengerjakan bagian luar pakaian. Bagian ini menjadi cukup penting karena lapisan luar harus melindungi lapisan dalam dari lingkungan bulan yang penuh dengan debu.

Selain debu, permasalahan mobilitas juga harus teratasi. Dijelaskan oleh Direktur Pemasaran Prada Group Lorenzo Bertelli, Prada memiliki pengetahuan yang baik tentang cara mengemas kain. Dengan pengetahuan ini, mereka bisa membuat mobilitas para astronaut tidak terganggu.

Selain menjaga mobilitas, Prada juga mengaku ahli dalam bidang komposit. Nantinya, baju astronaut untuk misi Artemis III akan menggunakan bahan komposit di bagian badan celana agar setelannya lebih ringan.

Meski bagian luar menjadi tugas Prada, Axiom Space tetap bertanggung jawab dalam produksi pakaiannya. Perusahaan luar angkasa itu akan memastikan desain, pengembangan, kualifikasi, sertifikasi, dan produksinya berjalan dengan baik.

Setelah berhasil dibuat, pakaian akan diuji di lingkungan seperti bulan. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah produksi pakaian berjalan dengan baik dan apakah pakaian tersebut bisa digunakan selama misi Artemis III berjalan.