Axiom Space Menguji Pakaian Antariksa untuk Misi Artemis
Pengujian baju astronot Artemis (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA – Artemis merupakan misi yang sangat penting bagi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Selain dari sisi teknologi, pakaian antariksanya pun harus diperhatikan.

Maka dari itu, NASA mempercayakan baju astronot Artemis kepada Axiom Space, pengembang infrastruktur antariksa yang berdiri sejak tahun 2016. Perusahaan swasta ini sedang berupaya mengembangkan pakaian antariksa yang kokoh.

Selama pelindung tubuh tersebut dibuat, Axiom terus melakukan pengujian untuk mengetahui apakah rancangan baju mereka bisa bertahan di luar angkasa. Pengujian ini dilakukan secara aktif di fasilitas Neutral Buoyancy Laboratory NASA.

Fasilitas tersebut berisi kolam renang yang luas untuk menyimulasikan lingkungan dengan gravitasi parsial. Di ruangan tersebut, Axiom Space akan menentukan apakah rancangan baju astronot mereka sudah efektif dan sesuai dengan persyaratan keselamatan.

Pembuatan sekaligus pengujian untuk baju astronot ini akan memakan waktu cukup lama. Pasalnya, Axiom Space harus memastikan bahwa baju yang mereka buat bisa melindungi astronot dari lingkungan bulan yang penuh debu.

Selain perlindungannya yang kuat, baju astronot hendaknya tidak membatasi mobilitas karena para astronot harus berjalan menggunakan pakaian tersebut. Untuk mengemas baju astronot secara maksimal, Axiom telah menggandeng Prada sejak tahun lalu.

Prada akan fokus pada bagian luar pakaian yang kokoh dari debu, sementara Axiom bertanggung jawab dalam desain, pengembangan, kualifikasi, sertifikasi, dan produksinya. Dengan kolaborasi ini, baju astronot Artemis diharapkan berfungsi dengan baik.