NASA Butuh Lemari Pendingin untuk Simpan Sampel Bulan di Misi Artemis 5
Ilustrasi pendaratan misi Artemis 5 di bulan untuk mencari sampel (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membuat permintaan informasi (RFI) di situs resmi pemerintah AS terkait pembuatan lunar freezer atau lemari pendingin.

Dikutip dari Space, badan antariksa ini menyatakan bahwa mereka memerlukan lemari pendingin untuk misi Artemis 5. Nantinya, lemari pendingin ini akan digunakan untuk menyimpan bahan-bahan yang diambil dari bulan oleh astronaut yang menjelajah.

Selain menyimpan bahan, lemari pendingin dianggap sangat penting untuk mengangkut sampel ilmiah dan geologi. NASA menyatakan bahwa tim Artemis 5 akan mengumpulkan seluruh sampel selama di bulan untuk diteliti lebih jauh.

NASA menjelaskan bahwa lemari pendingin yang mereka butuhkan harus bisa menahan kekuatan fisik selama peluncuran. Bagian dalam lemari pendingin setidaknya harus berukuran 25 x 25 x 66 sentimeter dengan total bobot kurang dari 55 kilogram.

Lemari pendingin ini juga harus bisa mempertahankan sampel di suhu minus 85 derajat celsius selama lebih dari 30 hari. Dalam rancangan berikutnya, NASA ingin lemari pendingin ini memiliki tampilan onboard sehingga tim Artemis 5 bisa terus memantau dan mengontrol.

Terakhir, lemari pendingin yang akan dibawa ke bulan oleh manusia ini harus bisa mencatat data suhu dan kesehatan sampel secara menyeluruh. Dengan semua rancangan ini, NASA ingin lemari pendingin untuk sampel bulan sudah siap di akhir tahun 2027.

Meski lemari pendingin ini dibutuhkan di misi Artemis 5, NASA akan kembali mengirimkan astronautnya ke bulan melalui misi Artemis 3 pada tahun 2025. Misi ini akan menjadi kali kedua astronaut NASA menginjakkan kaki ke bulan.