Konsorsium Prancis-Jerman Sepakat Pasok Superkomputer Exascale Pertama di Eropa
Exascale dapat melakukan satu kuintiliun (1.000.000.000.000.000.000) perhitungan per detik. (foto: twitter @doescience)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah konsorsium Prancis-Jerman telah mengumumkan kesepakatan penting untuk memasok superkomputer Exascale pertama di Eropa. Kesepakatan senilai 500 juta euro (Rp8,2 triliun) ini melibatkan perusahaan Jerman, ParTec, dan unit perusahaan Prancis, Atos.

Konsorsium ini menjalin kesepakatan dengan EuroHPC, sebuah usaha patungan antara Uni Eropa, negara-negara Eropa, dan perusahaan swasta yang bertujuan untuk mempromosikan pengembangan superkomputer di Eropa.

Superkomputer jauh lebih kuat dibandingkan komputer konvensional, dan sebuah superkomputer Exascale dapat melakukan satu kuintiliun (1.000.000.000.000.000.000) perhitungan per detik.

Superkomputer ini, yang diberi nama JUPITER, akan disediakan untuk Jülich Supercomputing Centre di Jerman. Konsorsium menyatakan bahwa JUPITER akan memiliki tiga kali kapabilitas komputasi dari superkomputer terkuat di Eropa saat ini, dan akan memerlukan ruang sekitar empat lapangan tenis.

Ini adalah langkah penting dalam upaya Eropa untuk mengejar ketertinggalan dari Amerika Serikat dalam komputasi generasi berikutnya.

Superkomputer Exascale ini diharapkan akan mendukung penelitian ilmiah dan teknologi tingkat tinggi serta membantu mendorong inovasi di berbagai bidang.