Akhirnya! NASA Akan Luncurkan Artemis I ke Orbit Bulan Pada 14 November
NASA akhirnya menetapkan tanggal peluncuran misi Artemis I bulan depan. (foto: NASA/Ben Smegelsky)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah mengatasi masalah mesin, kebocoran saluran bahan bakar, badai besar, dan melalui pertimbangan yang matang pula, NASA akhirnya menetapkan tanggal peluncuran misi Artemis I bulan depan.

Tepat pukul 12.07 EST pada Senin, 14 November, NASA akan melakukan uji terbang tanpa awak roket Space Launch System (SLS) dan pesawat ruang angkasa Orion untuk mengelilingi Bulan hingga kembali lagi ke Bumi.

Namun, NASA juga menetapkan tanggal peluncuran cadangan jika kembali terdapat masalah pada misi tersebut, yakni Rabu, 16 November mulai pukul 01:04 EST, dan Sabtu, 19 November, mulai pukul 01:45 EST.

Saat ini, roket SLS dan Orion disimpan di hanggar roket NASA di Kennedy Space Center Florida, AS sejak 26 September agar melindunginnya dari kerusakan akibat Badai Ian,

Karena sudah tak ada lagi badai, NASA kemudian mempersiapkan roket dan pesawat ruang angkasa itu ke landasan dan menetapkan tanggal peluncuran misi. Mereka berencana mengembalikan SLS dan Orion ke kompleks 39B pada Jumat 4 November.

Melansir The Independent, Kamis, 13 Oktober, NASA pertama kali mencoba untuk meluncurkan misi Artemis I pada 29 Agustus, tetapi gagal karena masalah pendingin dari salah satu mesin roket.

Upaya peluncuran kedua NASA pada 3 September juga gagal, karena kebocoran hidrogen cair pada sambungan antara saluran yang memompa bahan bakar dari tanah dan tangki bahan bakar roket.

Kemudian NASA melakukan perbaikan dan penyesuaian pada prosedur pra-peluncurannya. Mereka melakukan tes pada 21 September untuk menunjukkan bahwa roket besar seharusnya tidak lagi membocorkan hidrogen selama pengisian bahan bakar.

Sayangnya, upaya terakhir juga terhalang oleh kedatangan Badai Ian. Diharapkan peluncuran bulan depan akan berhasil.

Jika misi Artemis I yang berhasil maka akan dilanjutkan ke Artemis II, yang dijadwalkan pada musim semi 2024 dengan membawa empat astronot yang terbang di jalur penerbangan yang sama ke dan di sekitar Bulan kemudian kembali ke Bumi.

Setelah Artemis II, Artemis III akan diluncurkan sekitar 2025. Misi Artemiss III bertujuan untuk menempatkan dua astronot manusia di permukaan Kutub Selatan bulan.