Bagikan:

JAKARTA – OnePlus Technology, produsen ponsel dari China, dikabarkan akan merilis ponsel lipat pertama mereka. Rumornya, ponsel ini akan diberi nama OnePlus Open dengan layar foldable.

Meski perusahaan ini mulai tertarik membuat ponsel lipat, OnePlus tidak berniat menjajal ponsel dengan tipe flip karena Oppo sudah merilis versi tersebut melalui Find N2.

Sebagai informasi, foldable dan flip merupakan dua tipe ponsel yang berbeda. Meski sama-sama dilipat, foldable merupakan jenis ponsel yang dibuka seperti buku, sementara flip dilipat ke bawah seperti ponsel zaman dulu.

Kembali kepada rencana OnePlus, perusahaan ini juga memiliki alasan lain untuk tidak merilis ponsel dengan jenis flip. Dikutip dari 9to5google, Co-founder Pete Lau mengungkapkan bahwa target mereka adalah para elit bisnis dan elit teknologi.

Pekerja elit seperti dokter, pekerja keuangan, hingga eksekutif tampaknya tidak begitu tertarik dengan ponsel flip yang sering kali ramai di pasaran. Melihat pada demografi ini, OnePlus pun tak berniat mengembangkan ponsel flip.

Saat ini OnePlus sedang mengembangkan ponsel foldable mereka dengan spesifikasi top-end. Open diduga akan membawa Snapdragon 8 Gen 2. OnePlus sendiri akan merilis Open berbarengan dengan merek saudaranya, yakni Oppo.

Dikutip dari The Verge, hal ini bisa terjadi karena kedua merek tersebut diperintahkan oleh BBK Electronics untuk mengembangkan foldable bersamaan. Ponsel ini nantinya akan dirilis di bawah nama kedua merek, tetapi dengan sasaran wilayah yang berbeda.

Oppo kemungkinan besar hanya berpusat di China, sementara OnePlus fokus pada pasar global. OnePlus sendiri tidak merincikan lebih jelas nama ponsel yang akan mereka produksi, tetapi kemungkinan besar diberi nama OnePlus Open dan Oppo Find N3.