Bagikan:

JAKARTA - Saat menangani dokumen yang penting, Anda pasti membutuhkan tanda tangan dan jika terburi-buru biasanya Anda harus membuatnya secara digital menggunakan Personal Computer (PC).

Jika Anda pengguna iPhone. Tentu saja Anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Anda bisa langsung membuat tanda tangan secara digital.

Biasanya, pengguna iPhone kerap mengandalkan aplikasi Markup Toolbar milik Apple dengan berbagai fitur menarik yang dimilikinya, seperti opsi untuk membuat, mengelola, dan menempatkan tanda tangan tulisan tangan (atau coretan jari) untuk digunakan dalam PDF dan dokumen lain.

Dengan cara itu, Anda bisa menambah atau mengeluarkan tanda tangan sendiri langsung dari iPhone Anda, tanpa perlu menggunakan perangkat lain sebagai perantara.

Meski demikian, aplikasi yang Anda gunakan harus mendukung Markup Toolbar agar dapat berfungsi. Namun, Apple memberikan pengguna kemudahan lainnya. Berikut caranya di bawah ini.

Cara Membuat Tanda Tangan di iPhone

1. Buat draf email dan lampirkan dokumen yang ingin Anda tandatangani ke pesan tersebut.

2. Kirim email (dengan dokumen terlampir) ke diri Anda sendiri, lalu buka aplikasi Mail (atau aplikasi email lain yang mendukung Markup Toolbar Apple) di iPhone Anda.

3. Buka email di iPhone Anda, lalu unduh dan buka dokumen terlampir.

4. Gulir ke seluruh dokumen yang terbuka untuk menemukan baris yang perlu Anda tanda tangani. Jika Markup Toolbar belum terlihat, ketuk ikon Markup (tampak seperti ujung pena) untuk membukanya.

5. Ketuk simbol (+) di Markup Toolbar, lalu pilih Tambahkan Tanda Tangan.

6. Jika sebelumnya Anda telah membuat tanda tangan, Anda dapat mengetuk pratinjaunya di menu pop-up untuk menambahkannya ke dokumen. Jika tidak, ketuk Tambah atau Hapus Tanda Tangan untuk membuat yang baru.

7. Untuk membuat tanda tangan baru, seret jari melintasi layar sepanjang garis horizontal di sebelah X di bagian bawah jendela. Ketuk Selesai untuk menyimpan dan menggunakan tanda tangan baru.

8. Gunakan jari Anda untuk menyeret tanda tangan ke tempatnya, lalu seret salah satu sudut di kotak pilihan tanda tangan untuk mengubah ukurannya. Lalu dokumen Anda telah ditandatangani, seperti dikutip dari Slashgear, Senin, 4 September.