Apa Itu SOS Only di IPhone dan Bagaimana Cara Mengatasinya agar Normal Kembali?
Apa itu SOS Only iPhone (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Peringatan ‘SOS Only’ pernah dialami oleh beberapa pengguna iPhone. Saat tanda ini muncul di atas layar, pengguna smartphone dari Apple ini akan kesulitan melakukan panggilan, kirim SMS, hingga menggunakan jaringan internet. Lalu sebenarnya apa itu SOS Only iPhone?

Munculnya tanda ‘SOS Only’ sering mengganggu kenyamanan pengguna iPhone dan membuat bingung. Saat ponsel mengalami kondisi demikian, maka Anda hanya bisa melakukan panggilan darurat sesuai kode negaranya. Misalnya 112 (Eropa), 911 (AS), 000 (Australia), atau 999 (Inggris).

Anda tidak bisa melakukan panggilan ke nomor di luar itu, saat ponsel dalam kondisi ‘SOS Only’. Lantas apa itu SOS Only di iPhone dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa Itu SOS Only di iPhone?

Peringatan ‘SOS Only’ bisa muncul akibat beberapa kondisi, seperti saat pergi ke luar negeri dan ketika provider yang digunakan sedang mengalami gangguan. Tanda ‘SOS Only’ akan terlihat di bilah status layanan seluler dan menggantikan keterangan jaringannya. 

Tanda"Hanya SOS" di iPhone muncul ketika perangkat tidak berhasil terhubung ke jaringan operator. Jadi kondisi ini terjadi karena iPhone Anda tidak dapat berkomunikasi melalui jaringan seluler, sehingga tidak dapat digunakan untuk panggilan telepon biasa, mengirim pesan, atau bahkan mengakses data seluler.

Ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan munculnya status ‘SOS Only’, tetapi seringkali terjadi saat Anda berada di daerah yang terlalu jauh dari menara seluler. Jangkauan sinyal yang terlalu lemah untuk menyediakan layanan akan membuat iPhone Anda mengalami kondisi ini. Alasan lain yang mungkin karena gangguan sementara dalam jaringan atau masalah dengan kartu SIM Anda.

Status "Hanya SOS" tidak akan mengganggu fungsi aplikasi di iPhone Anda, baik itu aplikasi pihak ketiga maupun aplikasi bawaan. Anda masih dapat mengakses foto, video, dan hampir semua data yang tersimpan di perangkat Anda termasuk pesan dan riwayat panggilan. Namun Anda tidak dapat melakukan atau menerima panggilan, mengirim pesan, atau mengakses internet melalui jaringan seluler. Anda hanya bisa mengakses internet apabila terhubung ke Wi-Fi atau menggunakan jaringan Fi.

Di samping itu, Anda masih dapat melakukan panggilan ke layanan darurat seperti 911 atau 112. Ketika Anda melakukan panggilan darurat, iPhone Anda akan mencoba untuk terhubung ke jaringan apa pun yang tersedia, bahkan jika itu bukan jaringan operator Anda.

Cara Mengatasi Tanda ‘SOS Only’ di IPhone

Sebenarnya tanda ‘SOS Only’ akan hilang dengan sendirinya apabila Anda sudah berada di lokasi yang terjangkau oleh operator atau provider yang digunakan. Namun apabila Anda ingin segera iPhone berfungsi normal untuk melakukan panggilan dan mengakses internet, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi SOS Only di iPhone.

  • Anda dapat berpindah lokasi untuk memastikan Anda berada di tempat yang dapat dijangkau secara kuat atau koneksi yang baik oleh jaringan seluler yang digunakan. 
  • Untuk mengatasi pesan "SOS Saja," Anda bisa memulai ulang iPhone Anda. Jika Anda memiliki iPhone dengan ID Wajah, tekan tombol Volume Naik, kemudian Volume Turun, dan tahan tombol Daya/Kunci sampai logo Apple muncul di layar. Dalam beberapa saat, iPhone akan restart dan mencoba untuk terhubung kembali ke jaringan.
  • Jika memakai kartu SIM maka pastikan kartu SIM Anda kering, terpasang dengan baik, dan tidak rusak.
  • Anda juga bisa memperbarui perangkat lunak sistem iOS di iPhone Anda dengan membuka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Umum, dan kemudian Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Jika Anda terus mengalami masalah dengan layanan seluler seperti munculnya pesan "SOS" atau "SOS Only" meskipun sinyalnya kuat, sebaiknya hubungi operator seluler Anda.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu SOS Only iPhone dan cara mengatasinya. Tanda SOS Only muncul karena perangkat Anda berada di luar jangkauan operator atau provider yang digunakan. Namun tenang saja karena kondisi ini akan kembali normal saat sudah di lokasi yang terjangkau oleh provider Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.