Bagikan:

YOGYAKARTA - Emang sesuatu banget kalau membahas cara membuat tanda tangan elektronik. Sebenarnya itu bergantung pada perangkat lunak yang Anda inginkan, membuat dokumen yang ditandatangani menggunakan tanda tangan elektronik bisa menjadi proses yang membuat frustrasi.

Dalam panduan ini, kita akan membahas beberapa cara paling umum yang dapat Anda lakukan untuk menandatangani PDF, dokumen Word, Google docs, dan banyak lagi.

Jika Anda sudah terbiasa dengan tanda tangan elektronik, Anda dapat melewati bagian ini.

Jika Anda baru mengenal e-signing, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda harus menandatangani dokumen menggunakan tanda tangan digital daripada tanda tangan tulisan tangan.

Kami membahas semua itu (dan lebih banyak lagi) dalam panduan Ultimate kami untuk tanda tangan elektronik, tetapi versi singkatnya adalah bahwa penandatanganan elektronik biasanya lebih cepat dan lebih aman daripada penandatanganan dengan tangan.

Dan itu menjadi semakin umum, dengan banyak analis memperkirakan bahwa nilai pasar tanda tangan elektronik akan tumbuh sebanyak 25% selama dekade berikutnya.

Di bawah, Anda akan menemukan daftar metode penandatanganan yang paling umum digunakan saat ini.

Beberapa Cara Membuat Tanda Tangan Elektronik

Tanda Tangan Digital (Unsplash)

Di Microsoft Word

Kelebihan: Semua orang akrab dengan perangkat lunak; menambahkan tanda tangan setelah pembuatan kontrak adalah langkah logis berikutnya.

Kekurangan: Membuat tanda tangan yang aman tidak semudah yang seharusnya. Mengirim dokumen melalui email membutuhkan banyak pekerjaan ekstra, terutama dalam situasi multi-penanda tangan.

Sebagai rangkaian pembuatan dokumen, Microsoft Office telah menjadi standar industri selama bertahun-tahun. Meskipun dikalahkan oleh Google dalam hal kemampuan berbagi, Word masih menjadi pilihan yang lebih disukai untuk pembuatan dokumen bagi banyak perusahaan di seluruh dunia.

Sayangnya, tanpa bantuan, menandatangani dokumen di dalam Microsoft Word dapat menjadi tantangan nyata karena perangkat lunak pada dasarnya masih merupakan platform offline.

Saat Anda perlu meminta tanda tangan dari beberapa penandatangan, Anda harus mengirim email ke setiap penandatangan secara bergantian, lalu menunggu mereka menandatangani dan mengirimkannya kembali. Itu, dikombinasikan dengan kurangnya analitik dokumen dan metrik kinerja, dapat membuat Word menjadi masalah besar dalam hal penandatanganan.

Semua yang dikatakan, masih mungkin untuk membuat tanda tangan elektronik menggunakan Microsoft Word.

Caranya:

  • Tempatkan kursor di tempat Anda ingin garis tanda tangan Anda masuk dalam dokumen Word Anda.
  • Buka tab Sisipkan dan di bawah "Teks" klik "Daftar Tanda Tangan," diikuti oleh "Baris Tanda Tangan Microsoft Office."
  • Lengkapi bidang tentang detail tanda tangan di kotak penyiapan yang muncul dan pilih preferensi Anda untuk kotak tanda tangan.
  • Klik kanan pada kotak tanda tangan di dokumen. Pilih "Pilih Gambar" untuk mengunggah gambar tanda tangan yang sudah Anda miliki. Anda juga dapat menggambar tanda tangan Anda menggunakan perangkat layar sentuh atau mengetik versi printer ke dalam kotak tanda tangan.

Gambar dan di Scan

Kelebihan: Menggunakan tanda tangan tulisan tangan yang sebenarnya.

Cons: Tidak seaman metode lain; membutuhkan alat digitalisasi seperti pemindai atau smartphone dengan kamera; kurang nyaman setelah Anda mengetahui cara menggunakan alat tanda tangan online lainnya; sulit digunakan saat menandatangani PDF.

Cara paling sederhana dan paling mudah untuk membuat tanda tangan digital adalah dengan menandatangani nama Anda menggunakan pena, mengambil fotonya, dan mengunggahnya ke perangkat digital.

Namun, meskipun metode ini sederhana dan nyaman, metode ini memiliki beberapa kelemahan. Tanda tangan yang dibuat dengan cara ini tidak seaman yang dibuat menggunakan perangkat lunak khusus. Anda tidak akan memiliki ID digital atau sertifikat digital yang membuktikan keaslian tanda tangan.

Terakhir, setelah Anda mengetahui cara mendapatkan tanda tangan elektronik menggunakan beberapa metode lain, alur kerja yang diperlukan untuk mendigitalkan tanda tangan tulisan tangan Anda terasa memberatkan.

Caranya:

  • Tulis nama Anda di selembar kertas putih menggunakan bolpoin. Tinta hitam atau biru lebih disukai.
  • Menggunakan ponsel cerdas, tablet, atau pemindai rumah Anda, ambil foto atau pindai gambar tanda tangan Anda.
  • Gunakan alat digital seperti editor ponsel cerdas Anda atau editor foto online untuk memotong tanda tangan Anda dengan rapi ke ukuran yang dapat diterima.
  • Jika file tanda tangan Anda dibuat dalam format JPEG, Anda harus mengonversinya ke format PNG untuk digunakan saat menandatangani dokumen digital. Gunakan alat konversi online seperti JPG ke PNG untuk mengonversi jenis file Anda dengan cepat dan mudah.
  • Setelah Anda memiliki file PNG tanda tangan Anda, Anda dapat menandatangani file Microsoft Word dan Google Doc dengan menyeret dan menjatuhkan tanda tangan baru Anda ke dokumen Anda dan menempatkannya di atas garis tanda tangan di dokumen.

Jadi setelah mengetahui cara memilih bela diri yang cocok, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!