Bagikan:

JAKARTA - Seorang yang menyebut dirinya Nadir Hajarabi, yang mengklaim pernah bekerja untuk Worldcoin, telah mengajukan tuduhan bahwa proyek verifikasi identitas manusia tersebut mungkin melakukan tindakan ilegal selama masa kerjanya.

Dalam sebuah video YouTube pada 23 Agustus, Hajarabi mengatakan bahwa dia menyaksikan kegiatan yang "sangat meragukan" di Worldcoin, termasuk hal-hal "asal-asalan dan/atau ilegal" sebelum akhirnya keluar dari proyek tersebut sebelum peluncuran token pada 24 Juli. Mereka mengklaim bahwa organisasi tersebut menahan sebagian dari pembayaran mereka dan telah berbicara dengan pihak berwenang di yurisdiksi yang berbeda sebagai bagian dari penyelidikan terhadap Worldcoin.

Menurut Hajarabi, proyek Worldcoin memiliki "eksekusi yang mengerikan," yang melibatkan pemotongan sudut sebelum rilis white paper-nya, dan mereka telah melihat tanda-tanda bahaya "sejak hari pertama." Mereka mengatakan bahwa mereka telah menghubungi CEO Worldcoin dan tim hukum organisasi tersebut, tetapi tidak menerima jawaban yang memuaskan terkait ketidaksesuaian yang diduga terjadi antara misi dan eksekusi proyek tersebut.

"Saya belum dibayar untuk kerja keras dan melelahkan saya selama ETHCC dan ETH Global karena saya mulai mengajukan pertanyaan," kata Hajarabi kepada Cointelegraph. "Itu tidak adil dan saya tidak akan diancam agar tetap diam dan dieksploitasi secara finansial. Meskipun jangkauan saya terbatas, saya akan berbicara untuk apa yang pantas saya dapatkan [...] sebuah perusahaan yang berpura-pura menyelesaikan ketidakadilan keuangan seharusnya tidak menyebabkan kerugian keuangan pada pekerja."

Cointelegraph tidak dapat secara independen memverifikasi klaim Hajarabi, yang termasuk penyediaan "layanan khusus" kepada perusahaan tersebut. Sebuah foto yang diposting di X (sebelumnya Twitter) tampaknya menunjukkan mereka bersama salah satu bola pengenalan iris proyek tersebut.

Saluran YouTube mereka, yang dibuat pada September 2013, hanya menampilkan satu video, yang berisi tuduhan terhadap Worldcoin. Akun X yang tampaknya dikontrol oleh individu yang sama memposting foto identifikasi ETHGlobal Paris dengan nama Hajarabi dan afiliasi dengan Worldcoin.

Halaman LinkedIn Hajarabi tampaknya terhubung dengan individu yang sama dalam video YouTube tersebut — seorang penduduk Paris dengan pengalaman dalam token non-fungible, proyek Web3, dan kontrak pintar. Cointelegraph telah mencoba menghubungi Worldcoin untuk komentar tetapi belum menerima tanggapan hingga saat publikasi.

Proyek Worldcoin dimulai dengan niat membedakan manusia sungguhan dari bot dengan menyediakan pemindaian retina untuk verifikasi identitas melalui bola pengenalan iris. Ada lebih dari 2 juta pendaftaran sebelum peluncuran token Worldcoin pada Juli.

Sebelum peluncuran token Worldcoin dan proses verifikasinya, banyak orang di dalam dan di luar ruang kripto mengkritik proyek tersebut, mengutip kekhawatiran privasi atas data pengguna.

Bavarian State Office for Data Protection Supervision dilaporkan mulai menyelidiki Worldcoin pada November 2022, sementara French National Commission on Informatics and Liberty dilaporkan menyebut metode pengumpulan datanya sebagai "meragukan." Information Commissioner's Office di Inggris juga telah mengajukan kekhawatiran serupa terhadap proyek tersebut.

Pada bulan Agustus, menteri keamanan internal Kenya mengumumkan bahwa negara tersebut akan menangguhkan operasi lokal Worldcoin sampai pihak berwenang memiliki kesempatan untuk menilai potensi risiko bagi warga, yang dilaporkan termasuk razia dan penyitaan peralatan organisasi.

Argentina's Agency for Access to Public Information kemudian mengumumkan penyelidikan terhadap pengumpulan, penyimpanan, dan penggunaan data pelanggan Worldcoin, dengan alasan kekhawatiran keamanan dan privasi.