Bagikan:

JAKARTA - Worldcoin berencana untuk mengembangkan operasinya dan mendaftarkan lebih banyak pengguna secara global. Mereka juga berambisi untuk memungkinkan organisasi lain menggunakan teknologi pemindaian iris dan verifikasi identitas mereka. Hal ini diungkapkan oleh seorang manajer senior dari perusahaan di balik proyek ini kepada Reuters.

Dibantu oleh Sam Altman, CEO OpenAI, Worldcoin diluncurkan pekan lalu dan menawarkan pengguna untuk memberikan pemindaian iris sebagai pertukaran untuk ID digital dan, di beberapa negara, juga menerima kripto gratis sebagai bagian dari rencana mereka untuk menciptakan "jaringan identitas dan keuangan".

Dalam berbagai situs pendaftaran di seluruh dunia, sejumlah orang  telah mendapatkan pemindaian wajah mereka menggunakan "orb" bola cahaya yang mengkilap. Namun, kekhawatiran dari kelompok advokasi privasi terkait potensi penyalahgunaan data biometrik masih mengemuka. Meskipun begitu, Worldcoin mengklaim telah menarik 2,2 juta pengguna, sebagian besar selama periode uji coba selama dua tahun terakhir. Otoritas perlindungan data di Inggris, Prancis, dan Jerman telah menyatakan bahwa mereka sedang menyelidiki proyek ini.

"Kami sedang dalam misi membangun komunitas keuangan dan identitas terbesar yang kami bisa," kata Ricardo Macieira, General Manager untuk Eropa di Tools For Humanity, perusahaan yang berbasis di San Francisco dan Berlin dan bertanggung jawab atas proyek Worldcoin.

Worldcoin telah berhasil mengumpulkan 115 juta dolar AS (Rp1,7 triliun) dari para investor modal ventura, termasuk Blockchain Capital, a16z crypto, Bain Capital Crypto, dan Distributed Global, dalam putaran pendanaan pada bulan Mei.

Macieira menyatakan bahwa Worldcoin akan terus melakukan ekspansi di Eropa, Amerika Latin, Afrika, dan di semua bagian dunia yang bersedia menerima mereka.

Situs web Worldcoin menyebutkan berbagai aplikasi potensial, termasuk membedakan manusia dari kecerdasan buatan, memungkinkan "proses demokratis global," dan menunjukkan "jalan potensial" menuju pendapatan dasar universal, meskipun hasilnya tidak dijamin.

Mayoritas orang yang diwawancarai oleh Reuters di berbagai situs pendaftaran di Inggris, India, dan Jepang pekan lalu mengatakan bahwa mereka bergabung untuk mendapatkan 25 token Worldcoin gratis yang diklaim perusahaan dapat diklaim oleh pengguna yang terverifikasi.

Macieira mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan bisa membayar Worldcoin untuk menggunakan sistem identitas digital mereka. Misalnya, jika sebuah kedai kopi ingin memberikan secangkir kopi gratis kepada setiap orang, teknologi Worldcoin dapat digunakan untuk memastikan bahwa orang-orang tidak mengklaim lebih dari satu kopi tanpa kedai kopi tersebut perlu mengumpulkan data pribadi.

"Ide di baliknya adalah kami membangun infrastruktur ini dan memungkinkan pihak ketiga lainnya untuk menggunakan teknologinya," kata Macieira.

Menurut Macieira, di masa depan, teknologi di balik orb pemindaian iris akan menjadi open-source "Ide di baliknya adalah siapa pun dapat membangun orb mereka sendiri di masa depan dan menggunakannya untuk manfaat komunitas yang dituju," katanya.

Namun, adanya kekhawatiran tentang privasi. Regulator dan kelompok advokasi privasi telah mengajukan kekhawatiran tentang pengumpulan data Worldcoin, termasuk apakah pengguna memberikan persetujuan yang tepat dan apakah satu perusahaan harus bertanggung jawab atas penanganan data tersebut.

Situs web Worldcoin mengklaim bahwa proyek ini "benar-benar bersifat pribadi" dan data biometrik dihapus atau pengguna dapat memilih untuk menyimpannya dalam bentuk terenkripsi.

Kantor Pengawas Perlindungan Data Bavaria, yang memiliki yurisdiksi di Uni Eropa karena Tools For Humanity memiliki kantor di sana, menyatakan telah memulai penyelidikan atas Worldcoin pada November 2022 karena kekhawatiran tentang pemrosesan data sensitif dalam jumlah besar.

Michael Will, presiden regulator Bavaria, menyatakan akan meneliti apakah sistem Worldcoin "aman dan stabil." "Proyek ini memerlukan langkah-langkah keamanan yang sangat ambisius dan banyak penjelasan dan transparansi untuk memastikan persyaratan perlindungan data tidak diabaikan," ujarnya.

Will menekankan bahwa orang yang memberikan data pribadi mereka perlu "kejelasan mutlak" tentang bagaimana dan mengapa data tersebut diproses.

Seorang peneliti tentang AI dan masyarakat di Weizenbaum Institute di Berlin, Rainer Rehak, menyatakan bahwa penggunaan teknologi Worldcoin adalah "tidak bertanggung jawab" dan tidak jelas masalah apa yang akan dipecahkan oleh proyek ini.

"Intinya adalah proyek besar untuk menciptakan pangkalan konsumen baru untuk produk Web3 dan kripto," katanya. Web3 adalah istilah untuk fase berikutnya dari internet yang hipotetis, berdasarkan teknologi blockchain, di mana aset dan data pengguna ada sebagai aset kripto yang dapat diperdagangkan.

Menanggapi kekhawatiran tentang privasi, Worldcoin Foundation, yang berbasis di Kepulauan Cayman, menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mematuhi semua hukum yang mengatur data pribadi dan akan terus bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memberikan informasi tentang praktik privasi dan perlindungan data mereka.