Biar Makin Rinci Google Tambah Layar Terpisah di Mesin Pencarian
Aplikasi mesin pencarian Google (9to5Google)

Bagikan:

JAKARTA - Selama beberapa tahun terakhir, Google terus mengembangkan hasil mesin pencarian agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk mewujudkan hal tersebut, Google menambahkan panel “Tentang Hasil Ini” kemarin, Senin, 1 Februari.

Panel tersebut berisi informasi rinci mengenai sistus web yang muncul pada kolom hasil pencarian. Melalui panel informasi singkat ini, pengguna bisa lebih mengenali situs penyedia informasi sehingga bisa menentukan tingkat kepercayaan terhadap situs tersebut.

Panel tambahan pada mesin pencarian (Google)

“Mulai hari ini, Anda akan melihat keberadaan ikon menu yang terletak di samping itu hasil pencarian. Ikon menu dapat Anda klik atau ketuk untuk mempelajari lebih lanjut tentang hasil tersebut terkait dari mana informasi itu berasal,” tulis Google melalui blog resmi perusahaan, Senin, 1 Februari.

Terletak di sisi kanan dari hasil pencarian, panel ini merangkum berbagai informasi rinci terkait situs sumber. Mulai dari rangkuman Wikipedia, serta status HTTPS ketika halaman tersebut pertama kali diindeks oleh Google.

“Jika informasi berasal dari situs yang belum pernah Anda ketahui, informasi tambahan ini bisa memberi Anda konteks atau kepercayaan, terutama ketika Anda mencari sesuatu yang penting, seperti informasi kesehatan atau keuangan,”terang Google.

Selain hasil pencarian dalam bentuk situs, Google juga menambahkan panel ‘Tentang Hasil Ini’ pada ‘Panel Pengetahuan’. Contohnya seperti daftar bisnis serta lowongan pekerjaan yang terletak di sekitar pengguna.

Raksasa teknologi Google berharap kehadiran fitur ini bisa membantu pengguna dalam membuat keputusan sebelum mulai membaca informasi melalui situs yang muncul pada hasil pencarian.

Panel Tentang Hasil Ini (Google)

Sehingga bisa mengurangi pencarian terkait reputasi sebuah situs berita atau informasi serta mempermudah pengguna menemukan informasi yang paling berguna.

Untuk sementara waktu, fitur Tentang Hasil Pencarian hanya tersedia di Amerika Serikat (AS) dan dalam bahasa Inggris saja. Perusahaan juga belum memberi informasi lebih lanjut terkait rencananya meluncurkan fitur ini di negara lain.

“Kami akan mulai meluncurkan Tentang Hasil Pencarian hari ini (Senin, 1 Februari) dalam bahasa Inggris di US (Amerika Serikat) pada desktop, situs seluler, serta aplikasi Google pada Android,” tegas Google.