Youtube Punya Fitur Baru Namanya Clip
Aplikasi YouTube (Photo by Szabo Viktor on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pembaruan fitur terus diberikan YouTube agar pengguna makin betah. Baru-baru ini, platform berbagi video milik Google ini dikabarkan tengah mengujicoba fitur yang disebut Clips. Melalui fitur ini, nantinya pengguna bisa membuat cuplikan dari video yang diunggah agar lebih mudah dibagikan.

Global Head of Gaming Creators YouTube, Lester Chen, membagikan informasi kehadiran fitur ini melalui akun pribadinya di Twitter.

“Hari ini, kami (YouTube) meluncurkan versi eksperimental Clips pada YouTube. Cek video pada kanal Creator Insider dan cobalah sendiri. Clips merupakan konten bagian dari konten dengan durasi 5-60 detik (Live/VOD), yang hadir mewakili video aslinya,” tulis Lester lewat Twitter, Sabtu, 29 Januari.

Today we are launching an experimental version of Clips on YouTube. Check out videos on the Creator Insider channel and test it out yourself!

Clips are 5-60 sec, shareable, segments of content (Live/VOD) that live on top of the original video.

More info: https://t.co/5fJyorxjrj pic.twitter.com/DVWNQ2BoEx

— Lester (@Chen) January 28, 2021

Dalam unggahan tersebut, Chen turut membagikan video GIF berisi demo dari fitur ini. Terlihat bahwa pengguna bisa menyimpan potongan dari video asli dengan durasi hingga 1 menit. Sehingga, pengguna bisa lebih bebas memilih dan membagikan bagikan video yang dinilai penting atau menarik perhatian penonton lebih luas.

Fitur ini bukanlah fitur baru dalam layanan konten video. Sebelumnya, Twitch sudah terlebih dulu meluncurkan fitur sejenis. Hanya saja, pada YouTube, fitur ini baru tersedia untuk kreator pilihan yang sudah bekerja sama dengan perasahaan.

Jika dirasa fitur Clips mendapatkan respon positif, tidak menutup kemungkinan YouTube bakal segera meluncurkannya untuk pengguna yang lebih luas. Untuk sementara waktu, fitur ini baru tersedia pada YouTube versi Android dan desktop saja.

Cara Menggunakan Fitur Clip untuk Memotong Video YouTube

Jika Anda termasuk kreator yang berkesempatan untuk mencoba fitur ini, begini langkah-langkah untuk memotong video sehingga bisa dibagikan via tautan.

Pertama, buka video yang sudah diunggah ke YouTube, kemudian temukan ikon Clip yang terletak di bawah video. Oleh YouTube, ikon Clips menggunakan bentuk gunting. Sehingga Anda bisa mudah menemukannya.

Begitu ikon tersebut sudah ditemukan, langsung klik. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan di layar berbunyi “Create Clip”. Klik pemberitahuan tersebut, kemudian pilih bagian dari video yang ingin dipotong dan dibagikan.

Jika sudah, beri judul pada video potongan tersebut, lalu klik tombol Share jika ingin membagikannya langsung ke platform. Panel baru akan muncul berisi pilihan platform media sosial, termasuk Facebook dan Twitter.

Di samping itu, terdapat pula pilihan untuk menempelkan tautan dari Clip (embed) serta mengirimkannya via email. Alternatif lainya, Anda juga bisa copy-paste­ tautan dari video klik yang sudah dibuat.