Komplain Viral Eiger Disebut Fiersa Besari Mengekang Kebebasan Berpendapat
Tangkapan layar YouTube review Eiger

Bagikan:

JAKARTA - Musisi sekaligus pecinta alam Fiersa Besari ikut berkomentar terkait unggahan viral Eiger Adventure yang komplain kepada seorang YouTuber. Menurutnya surat keberatan Eiger sama halnya dengan mengekang kebebasan berpendapat.

"Sebetulnya bukan ranah saya, karena saya bukan staf yang bekerja di Eiger. Tapi sebagai rekan, barusan saya forward tweet ini ke tim Eiger dan bilang, “Kok kayak mengekang kebebasan berpendapat? Padahal modalin videonya juga enggak.” Alias, surat yang sangat konyol ," tulis Fiersa melalui akun Twitter pribadinya, Kamis, 28 Januari.

Mengenai alasan, Eiger yang tidak menyukai kualitas video unggahan @duniadian di YouTube. Fiersa menilai seharusnya, pihak Eiger memberikan apresiasi maupun produk lainnya untuk diulas oleh Youtuber tersebut.  

"Untuk Mas @duniadian, tetap semangat membuat konten di Youtube. Jangan dihapus videonya, ya Mas. Salam hangat," kicaunya.

Tentu hal ini membuat banyak warganet jengah dengan surat keberatan yang dibuat pihak Eiger. Pasalnya, YouTuber tersebut tidak memiliki kerja sama apapun dengan Eiger, sehingga tak untuk menuntut konten apapun terhadap barang yang sudah dibeli.

Alhasil akun Twitter resmi Eiger Adventure dibanjiri komentar warganet. Mereka mencibir Eiger yang meretweet postingan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil karena telah menggunakan produk Eiger.

"Pak Ridwan lebih baik dihapus saja postingannya, itu kualitas foto yang pegang tas kurang jelas logo eiger-nya, lightningnya kurang proper, dari pada nanti dikomplain sama tim legal-nya eiger," komentar warganet.

Mengetahui merek Eiger sedang dicibir warganet. Kompetitor seperti Arei Outdoor Gear mengunggah postingan berupa surat keringanan bagi siapa saja untuk mengulas produknya.

Banyak warganet mengapresiasi merek ARei karena berhasil memanfaatkan celah promosi gratis. Di sisi lain, belum ada unggahan maupun respon dari pihak Eiger terkait keluhan warganet atas surat keberatannya.