Peluncuran Awak Pesawat Luar Angkasa Starliner Boeing Tertunda Hingga Maret 2024
Pesawat luar angkasa Starliner yang bernilai jutaan dolar buatan Boeing (foto: dok. nasa)

Bagikan:

JAKARTA - Rupanya, pesawat luar angkasa Starliner yang bernilai jutaan dolar buatan Boeing tidak akan mengangkut manusia ke orbit tahun ini seperti yang direncanakan sebelumnya.

Astronot seharusnya melakukan perjalanan dengan kapsul berbentuk kerucut ini ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 21 Juli sebagai bagian dari Program Kru Komersial NASA.

Namun, tanggal tersebut berlalu tanpa adanya peluncuran dan sekarang perusahaan AS tersebut telah mengkonfirmasi bahwa peluncuran berawak tidak akan terjadi hingga Maret 2024.

Boeing mengatakan perlu dilakukan perbaikan penting pada parasut Starliner, namun perbaikan ini tidak akan selesai hingga akhir tahun ini, yang berarti peluncuran harus ditunda.

Ini berarti Boeing tertinggal jauh dari pesaingnya, SpaceX, yang telah mengirim kru ke ISS sebagai bagian dari program NASA sejak tahun 2020.

Menurut laporan, Boeing harus mengambil hampir 900 juta dolar AS (Rp13,5 triliun) dari pendapatannya untuk menutupi biaya Starliner, termasuk 410 juta dolar AS (Rp6,1 triliun) pada tahun 2020, tetapi jumlah total proyek ini sekarang diyakini mencapai 1,4 miliar dolar AS (Rp21,1 triliun).

Misi terbaru Starliner yang tidak berawak ke ISS berhasil diselesaikan pada Mei tahun lalu, namun peluncuran berawak masih harus terjadi.

Boeing dan NASA mengumumkan penundaan baru dan pekerjaan detail yang masih perlu dilakukan pada Starliner selama konferensi pers online bersama pada Senin, 7 Agustus.

"Saati ini, berdasarkan rencana saat ini, kami mengantisipasi bahwa kami akan siap dengan wahana luar angkasa pada awal Maret," kata Mark Nappi, Wakil Presiden Boeing dan Manajer Program Program Starliner.

Dia menambahkan bahwa tanggal peluncuran sebenarnya akan bergantung pada keterbatasan kalender antariksa dan akan diputuskan bersama dengan NASA dan United Launch Alliance, yang menyediakan roket peluncuran Atlas V untuk Starliner.

Selama pengujian terbaru, insinyur Boeing mengidentifikasi masalah baru yang berkaitan dengan sistem parasut yang rusak dan pita harnes kawat yang digunakan secara luas di dalam kapsul yang ternyata mudah terbakar dalam beberapa kondisi.

Nappi menjelaskan bahwa komponen sistem parasut yang disebut "soft links" telah diperkuat dengan serat dan perbaikan telah dilakukan pada jahitan parasut.

Sejumlah besar pita listrik telah dihapus, sementara di area lain telah dilindungi dengan baik, tambahnya.

Boeing seharusnya selesai menghapus pita tersebut dalam beberapa minggu mendatang, tetapi sistem parasut yang telah diubah desainnya tidak akan siap hingga Desember.

Hanya jika uji jatuh parasut berjalan dengan baik akhir tahun ini, wahana luar angkasa seharusnya siap mengangkut dua astronot NASA ke ISS pada awal Maret.

Steve Stich, Manajer Program Kru Komersial NASA, mempertahankan penundaan baru ini sebagai langkah yang diambil demi keselamatan mereka yang berada di dalamnya. Dia mengulangi komitmen agensi antariksa ini kepada Boeing meskipun semakin banyak kritik dari pengamat.

"Kami akan menjalani misi ini ketika kami siap," kata Stich dikutip DailyMail.

Boeing adalah salah satu dari tiga perusahaan yang berpartisipasi dalam Program Kru Komersial NASA - inisiatif untuk mengirim tim astronot ke ISS atas nama agensi antariksa.

Program ini didirikan pada tahun 2011 dengan tujuan agar NASA dapat mengalihkan pengembangan wahana yang dapat melakukan perjalanan tersebut, daripada insinyur NASA melakukannya sendiri.

NASA memberikan kontrak harga tetap sebesar 4,2 miliar dolar AS (Rp63,4 triliun) kepada Boeing dan 2,6 miliar dolar AS (Rp39,2 triliun) kepada SpaceX pada tahun 2014, sesaat setelah berakhirnya program pesawat ulang-alik, pada saat AS harus bergantung pada roket Soyuz Rusia untuk perjalanan ke ISS.

SpaceX milik Elon Musk, yang sejauh ini merupakan anggota program yang paling sukses, melakukan peluncuran berawak pertamanya ke ISS pada bulan Mei 2020, menggunakan wahana antariksa Crew Dragon.

SpaceX dijadwalkan akan melakukan peluncuran berawaknya yang ketujuh ke ISS untuk NASA bulan ini - dan akan melaksanakan beberapa peluncuran lebih lanjut setelah ini sebagai bagian dari program.

Boeing, di sisi lain, telah lama mengalami masalah awal dengan wahana Starliner-nya, yang seharusnya awalnya melakukan penerbangan berawak pada tahun 2017.

Boeing meluncurkan penerbangan tidak berawak pertamanya ke ISS pada Desember 2019, meskipun tidak berjalan sesuai rencana karena tidak berhasil mencapai stasiun luar angkasa.

Misi tidak berawak kedua pada Mei 2022 lebih berhasil dan berhasil melakukan prosedur bersandar di ISS dua hari setelah peluncuran sebelum kembali dengan selamat.

Namun peluncuran tahun lalu tidak berawak dan efektif sebagai uji coba, sehingga misi berawak adalah langkah berikutnya bagi perusahaan ini.

Tapi bahkan sekarang tidak ada jaminan bahwa Starliner akan siap pada Maret nanti, dan wahana ini semakin memakan waktu berharga, tak lupa biaya yang dikeluarkan.

Meskipun ISS direncanakan untuk dioperasikan pada awal dekade mendatang, NASA mengatakan masih ingin memiliki dua wahana peluncur kru yang bersaing.

Tujuannya adalah untuk meluncurkan satu penerbangan kru Boeing dan satu penerbangan kru SpaceX setiap tahun.

Anggota ketiga, Sierra Nevada, masih dalam tahap pengembangan wahana antariksa Dream Chaser-nya, tetapi tidak diharapkan akan mendapatkan sertifikasi untuk misi berawak hingga akhir dekade in