Unik, Boeing Bawa Karakter Alien di Video Gim Ini dalam Pernerbangan Starliner ke ISS
Jebediah Kerman, atau Jeb terbang bersama AStarliner. (foto: Twitter Kru ISS @Serg.Krosakov)

Bagikan:

JAKARTA - Ada yang menarik saat kapsul Starliner milik perusahaan antariksa Boeing berhasil merapat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) belum lama ini, yaitu adanya karakter alien dari video gim Kerbal Space Program dalam penerbangan itu.

Karakter tersebut adalah Jebediah Kerman, atau Jeb, yakni salah satu dari empat Kerbonauts asli dalam gim dan sekarang yang pertama benar-benar diluncurkan ke luar angkasa dalam bentuk mainan mewah.

Jeb secara resmi terbang sebagai indikator nol-g untuk Starliner Orbital Flight Test-2 (OFT-2) Boeing, yang tiba di ISS pada Jumat, 29 Mei , sehari setelah diluncurkan di United Launch Alliance (ULA) Roket Atlas V dari Cape Canaveral, Florida.

Penerbangan itu juga menandai keberhasilan setelah dua setengah tahun tertunda karena masalah perangkat lunak. Itu adalah tonggak penting bagi Boeing yang berjuang untuk mengejar ketinggalan dari SpaceX.

Kehadiran Jeb di atas Starliner memang dirahasiakan sampai kapsul tanpa awak itu berhasil merapat ke ISS. Ketika kru ISS membuka palka ke Starliner, mereka menemukan kejutan di dalam pesawat ruang angkasa tersebut.

Jeb ditemukan duduk manis di dalam Starliner. Boneka mewah itu memiliki tinggi 9 inci (23 cm) disediakan oleh Private Division, penerbit gim tersebut.

Melansir Engadget, Minggu, 22 Mei, kosmonot asal Rusia Yuri Gagarin pernah membawa boneka kecil bersamanya dalam penerbangan luar angkasa manusia yang pertama. Sejak itu telah menjadi tradisi bagi sebagian besar awak ruang angkasa untuk membawa mainan mewah agar mudah dilihat ketika mereka memasuki lingkungan gravitasi mikro.

Di gim Kerbal Space Program, merancang pesawat luar angkasa yang akan membawa Kerbonaut ke orbit dan seterusnya bukanlah tugas yang mudah.

Seringkali desain awal akan gagal dan jatuh saat mereka berjuang untuk terbang bebas dari gravitasi Kerbin. Di satu sisi, itulah yang harus dilakukan para insinyur Boeing setelah uji terbang pertama Starliner pada 2019 gagal karena masalah perangkat lunak, dan yang kedua ditunda setelah masalah katup tak terduga.

Jeb akan menghabiskan beberapa hari ke depan dengan kru ISS sebelum mereka menempatkannya kembali di pesawat ruang angkasa untuk perjalanan kembali ke Bumi.