Dell Panasakan Persaingan, Luncurkan Alat Pembuat Proyek AI Generatif
Dell Technologies mulai memasuki perlombaan bisnis Kecerdasan Buatan (AI) (foto: dok. Dell Technologies)

Bagikan:

JAKARTA - Pembuat Personal Computer (PC), Dell Technologies mulai memasuki perlombaan bisnis Kecerdasan Buatan (AI) generatif dengan menawarkan perangkat keras untuk menjalankan model yang kuat dan platform baru.

Dijuluki Dell Generative AI Solutions, alat ini ditujukan untuk bisnis yang dapat mengatur akses ke Model Bahasa Besar (LLM) dan membuat proyek AI generatif.

Perusahaan akan menawarkan pengaturan perangkat keras baru, platform layanan terkelola dan komputer untuk menjalankan proyek AI generatif lebih cepat.

"AI generatif mewakili titik belok yang mendorong perubahan mendasar dalam kecepatan inovasi sambil meningkatkan pengalaman pelanggan dan memungkinkan cara baru untuk bekerja,” ujar Vice Chairman dan Co-Chief Operating Officer Dell, Jeff Clarke pada panggilan pendapatan belum lama ini.

“Pelanggan, besar dan kecil, menggunakan data dan konteks bisnis mereka sendiri untuk melatih, menyempurnakan, dan menyimpulkan solusi infrastruktur Dell untuk menggabungkan AI tingkat lanjut ke dalam proses bisnis inti mereka secara efektif dan efisien," imbuhnya.

Dell Generative AI Solutions memperluas pengumuman awal yang dibuat perusahaan pada Mei dengan nama Project Helix, yang melibatkan integrasi mendalam dengan Nvidia.

Sebagai bagian dari portofolio Dell Generative AI Solutions, perusahaan juga bermitra dengan Nvidia untuk sisi infrastruktur. Seperti menyatukan GPU Tensor Core Nvidia, perangkat lunak AI perusahaan Dell dan penyimpanan data bersama sehingga perusahaan dapat menjalankan model AI lebih cepat.

Dell akan merilis komputer baru dengan kemampuan AI bawaan yang diklaim akan menjadi mesin kecil yang hemat baterai, seperti dikutip dari The Verge, Selasa, 1 Agustus.

Lainnya, Dell juga mengumumkan Layanan Profesional Dell, platform layanan terkelola yang akan membantu pengguna mulai bereksperimen dengan model AI generatif dan memecahkan masalah setelah diintegrasikan ke dalam bisnis.