Bagikan:

JAKARTA – Meta, perusahaan induk Facebook, mengumumkan pada Kamis 17 Oktober bahwa mereka telah bekerja sama dengan Blumhouse Productions, studio film Hollywood di balik film horor populer seperti "The Purge" dan "Get Out," untuk menguji model video AI generatif baru bernama Movie Gen.

Pengumuman ini datang setelah Meta meluncurkan Movie Gen awal bulan ini, sebuah alat yang diklaim mampu menciptakan klip video dan audio realistis berdasarkan perintah pengguna. Meta menyatakan bahwa alat ini dapat bersaing dengan produk dari startup media generatif terkemuka seperti OpenAI dan ElevenLabs.

Dalam sebuah posting blog, Meta mengatakan bahwa Blumhouse telah memilih sejumlah pembuat film seperti Aneesh Chaganty, The Spurlock Sisters, dan Casey Affleck untuk mencoba Movie Gen dan menggunakan klip yang dihasilkan oleh alat ini dalam film pendek mereka. Film Chaganty akan muncul di situs web Movie Gen milik Meta, sementara karya Affleck dan The Spurlock Sisters akan segera dirilis.

CEO Blumhouse, Jason Blum, menyatakan bahwa seniman tetap menjadi jiwa dari industri ini dan teknologi inovatif dapat membantu mereka dalam bercerita. Blum menyambut baik kesempatan bagi beberapa pembuat film untuk menguji teknologi canggih ini dan memberikan masukan tentang kelebihan dan kekurangannya selama pengembangannya.

Dengan kemitraan ini, Meta mengisyaratkan niatnya untuk berkolaborasi dengan industri kreatif, yang selama ini cenderung waspada terhadap kehadiran teknologi AI generatif karena masalah terkait hak cipta dan persetujuan. Meta berpendapat bahwa pelatihan AI-nya dilindungi oleh doktrin fair use dalam undang-undang hak cipta.

Namun, Meta dan perusahaan teknologi lainnya menunjukkan kesiapan mereka untuk membayar konten tertentu untuk AI. Selain kemitraan Movie Gen, Meta bulan lalu mengumumkan telah membuat kesepakatan dengan aktor seperti Judi Dench, Kristen Bell, dan John Cena untuk mengisi suara chatbot Meta AI.

Sementara itu, OpenAI, yang didukung Microsoft, juga telah mengadakan pertemuan dengan eksekutif dan agen Hollywood untuk membahas kemungkinan kemitraan menggunakan alat video generatif mereka, Sora. Meskipun belum ada kesepakatan yang dilaporkan dari pertemuan tersebut, Lions Gate Entertainment pada September lalu mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan startup AI lain, Runway.