Bagikan:

Jakarta – Perusahaan induk Facebook, Meta Platform Inc., mengumumkan pada Jumat 4 Oktober bahwa mereka telah mengembangkan model AI baru bernama Movie Gen. Model ini mampu membuat klip video dan audio realistis berdasarkan perintah pengguna. Alat ini bersaing dengan alat-alat media generatif yang dikembangkan oleh startup terkemuka seperti OpenAI dan ElevenLabs.

Dalam contoh yang dibagikan oleh Meta, Movie Gen menghasilkan video hewan yang berenang dan berselancar, serta video yang menggunakan foto asli orang untuk menggambarkan mereka melakukan aktivitas seperti melukis di kanvas. Movie Gen juga mampu menciptakan musik latar dan efek suara yang sinkron dengan isi video.

Selain membuat video baru, alat ini juga dapat digunakan untuk mengedit video yang sudah ada. Salah satu video yang diedit menunjukkan Movie Gen menambahkan pom-pom ke tangan seorang pria yang berlari di padang pasir, sementara di video lain, alat ini mengubah tempat parkir kering menjadi genangan air saat seseorang bermain skateboard.

Menurut Meta, video yang dihasilkan oleh Movie Gen bisa berdurasi hingga 16 detik, sedangkan audio bisa mencapai 45 detik. Tes buta yang dilakukan menunjukkan bahwa performa Movie Gen bersaing dengan produk dari startup lain seperti Runway, OpenAI, ElevenLabs, dan Kling.

Pengumuman ini muncul di tengah perdebatan Hollywood tentang cara memanfaatkan teknologi video generatif AI. Beberapa teknolog di industri hiburan antusias menggunakan alat ini untuk mempercepat pembuatan film, sementara yang lain khawatir tentang penggunaan sistem yang tampaknya dilatih dengan karya berhak cipta tanpa izin.

Meta menyatakan bahwa mereka belum berencana untuk merilis Movie Gen secara terbuka bagi pengembang, berbeda dengan model bahasa besar seri Llama yang telah dirilis. Namun, Meta berkolaborasi langsung dengan komunitas hiburan dan pencipta konten, dan Movie Gen direncanakan akan diintegrasikan ke dalam produk Meta pada tahun depan.

Meta menggunakan campuran dataset berlisensi dan yang tersedia secara publik untuk mengembangkan Movie Gen. Di sisi lain, OpenAI dilaporkan telah berdiskusi dengan para eksekutif dan agen Hollywood tentang kemungkinan kemitraan untuk produk serupa, meski belum ada kesepakatan yang diumumkan.