Rekomendasi Aplikasi Tes Buta Warna Online, Cek Jenis Buta Warna dan Tingkat Keparahan
Ilustrasi tes buta warna (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tes buta warna biasanya menjadi persyaratan saat ingin mendaftar pekerjaan maupun studi. Tes ini berfungsi untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam melihat warna. Tes ini bisa dilakukan di fasilitas kesehatan seperti klinik dan rumah sakit. Bahkan saat ini ada aplikasi tes buta warna online bagi yang tidak ingin repot. 

Sebaiknya setiap orang perlu melakukan tes buta warna secara berkala untuk terus mengetahui kesehatan dan kemampuan matanya dalam melihat. Dengan begitu Anda bisa tahu apakah mata dalam keadaan sehat atau mengalami buta warna. Buta warna tidak selalu buta total, namun juga bisa buta dalam satu warna tertentu seperti kuning, hijau, dan sebagainya. 

Era digital telah memudahkan setiap orang yang ingin melakukan tes buta warna secara online, sehingga tidak perlu repot pergi ke klinik. Lantas apa saja aplikasi tes buta warna online yang bisa Anda gunakan?

Aplikasi Tes Buta Warna Online

Setiap orang pastinya ingin memiliki mata yang sehat dan memiliki kemampuan penglihatan yang baik. Namun ancaman buta warna bisa mungkin dialami oleh siapa saja. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tes buta warna untuk memastikan apakah mata Anda sehat atau bermasalah. 

Berikut ini rekomendasi atau tips memilih aplikasi tes buta warna online:

Color Blind Test

Salah satu aplikasi tes buta warna yang banyak diunduh adalah Color Blind Test. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi kemampuan mata dalam mengenali warna-warna. Dalam aplikasi ini tersedia beberapa model tes buta warna, di antaranya tes Ishihara, tes Dikotomi Farnsworth D-15, dan permainan kubus warna. 

Misalnya tes Dikotomi Farnsworth D-15 yang dihadirkan untuk mengidentifikasi jenis buta warna yang dialami, bisa itu buta warna biru-kuning dan tingkat keparahannya. Aplikasi Color Blind Test tersedia dan bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. 

Color Blind Check

Aplikasi tes buta warna lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Color Blind Check. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store untuk digunakan kapan saja dan di mana saja melalui ponsel. Fitur tes buta warna yang disediakan dalam aplikasi ini sangat mudah dipahami dan dilakukan. 

Color Blind Check menyediakan fitur tes buta warna dengan cara penggunanya menyentuh kotak warna berbeda yang dimunculkan. Fitur tes buta warna ini dapat dicoba oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda bisa mengetahui kemampuan mata dalam mengenali warna hingga tingkat keparahan jika mengalami buta warna. Anda akan mendapatkan skor dari hasil tes buta warna melalui aplikasi ini.

Color Blindness Test

Color Blindness Test menjadi salah satu aplikasi tes buta warna yang juga cukup populer. Aplikasi ini menyediakan fitur tes Ishihara yang membantu mengidentifikasi kemampuan atau tingkat buta warna seseorang. Saat menggunakan fitur ini, Anda akan ditampilkan lempeng Ishihara yang terdiri dari titik-titik berwarna serta ada angka dan pola di latarnya. 

Aplikasi Color Blindness Test memungkinkan penggunanya untuk mengecek tingkat dan jenis buta warna yang dialami. Apabila penglihatan Anda normal, maka Anda bisa dengan jelas melihat angka atau pola yang ditampilkan. Sementara jika Anda sulit membaca angka dan polanya maka dapat teridentifikasi mengalami buta warna. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan App Store. 

Ishihara Color Blindness Test

Rekomendasi aplikasi tes buta warna lainnya adalah Ishihara Color Blindness Test. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Aplikasi ini membantu penggunanya mengidentifikasi kemampuan mata dalam melihat dan mengenali warna-warna. Sama seperti Color Blindness Test, aplikasi ini menyediakan lempeng titik-titik berwarna yang digunakan untuk tes buta warna. 

Melalui lempeng titik-titik berwarna, pengguna diajak untuk melihat angka dan pola yang ada di lempeng. Fitur ini membantu pengguna untuk mengetahui jenis buta warna yang dialami, misalnya buta warna deuteranopia (merah jadi kuning atau hijau menjadi krem) atau protanopia (merah jadi hitam). Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melihat tingkat keparahan buta warna yang dialami. 

Demikianlah rekomendasi beberapa aplikasi tes buta warna online yang bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Dengan adanya aplikasi tes buta warna, Anda bisa mengukur atau mengidentifikasi kesehatan dan kemampuan mata Anda secara mudah cukup melalui ponsel. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.