Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan perancang chip Nvidia akan menginvestasikan 50 juta dolar AS (Rp759,4 miliar) untuk mempercepat pelatihan model kecerdasan buatan Recursion dalam penemuan obat. Pernyataan ini diumumkan oleh kedua perusahaan tersebut pada Rabu, 12 Juli. Berita ini membuat saham perusahaan bioteknologi tersebut melonjak sekitar 62%.

Recursion, yang memiliki penasihat termasuk pionir kecerdasan buatan Yoshua Bengio, akan menggunakan kumpulan data biologis dan kimia mereka yang mencapai lebih dari 23.000 terabyte untuk melatih model kecerdasan buatan pada platform awan Nvidia.

Nvidia, yang dianggap sebagai pemenang besar dalam booming kecerdasan buatan, kemudian dapat melisensikan model-model tersebut kepada perusahaan bioteknologi melalui BioNeMo, layanan awan kecerdasan buatan generatif untuk penemuan obat yang diluncurkan oleh Nvidia pada awal tahun ini.

Belum jelas apakah Nvidia akan mengambil saham di Recursion. Perusahaan pengembang obat tersebut belum memberikan tanggapan terhadap permintaan klarifikasi.

Perusahaan biofarmasi ini mengoperasikan platform Recursion OS yang memberikan akses kepada produsen obat untuk kumpulan data yang diperlukan dalam merancang dan mengembangkan terapi.

Investasi ini dilakukan ketika Recursion memperkuat fokus kecerdasan buatannya pada bulan Mei dengan mengakuisisi dua perusahaan di bidang penemuan obat yang didukung oleh kecerdasan buatan seharga 87,5 juta dolar AS (Rp1,3 triliun).

Recursion berencana menggunakan perangkat lunak Nvidia untuk mendukung jalur pengembangannya sendiri, serta jalur mitra-mitranya. Perusahaan yang berbasis di Salt Lake City, Utah, ini saat ini memiliki mitra seperti Bayer dan Roche.

Recursion sedang melakukan uji coba pada manusia untuk lima obatnya, termasuk kandidat yang sedang menjalani uji tahap tengah untuk mengobati jenis penyakit neurovaskular yang disebabkan oleh malformasi pembuluh darah kecil di otak.

Para pendukung terkenal lainnya dari perusahaan bioteknologi ini termasuk investor kedaulatan Abu Dhabi, Mubadala, dan perusahaan investasi berbasis di Inggris, Baillie Gifford & Co.

Saham Recursion naik menjadi 10,99 dolar AS pada perdagangan pagi menjelang siang dengan volume perdagangan yang tinggi. Jika kenaikan saat ini bertahan sepanjang sesi, mereka akan mencetak hari terbaik sejak go public pada tahun 2021.