Hakim Tolak Perintah FTC, Microsoft dan Activision Setuju Bernegosiasi Ulang dengan CMA
Microsoft dan Activision setuju tunda akuisisi dengan CMA (foto: Activision)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang hakim telah menolak permintaan Komisi Perdagangan Federal (FTC) terhadap perintah awal untuk mencegah Microsoft membeli Activision Blizzard seharga 68,7 miliar dolar AS (Rp986 triliun). 

"Tanggung jawab Pengadilan ini dalam kasus ini sempit. Ini untuk memutuskan apakah, terlepas dari keadaan saat ini, merger harus dihentikan – bahkan mungkin dihentikan – sambil menunggu resolusi tindakan administratif FTC," tulis Hakim Jacqueline Scott Corley dalam keputusan tersebut, via Engadget.

"Untuk alasan yang dijelaskan, Pengadilan menemukan FTC belum menunjukkan kemungkinan akan memenangkan klaimnya bahwa merger vertikal khusus dalam industri spesifik ini dapat secara substansial mengurangi persaingan. Sebaliknya, bukti rekaman menunjukkan lebih banyak akses konsumen ke Call of Duty dan konten Activision lainnya. Oleh karena itu, mosi untuk perintah pendahuluan ditolak," tambahnya.

Menanggapi keputusan ini, Wakil Ketua dan Presiden Microsoft, Brad Smith menyatakan terima kasihnya kepada Pengadilan San Fransisco dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Twitter.

"Kami berterima kasih kepada Pengadilan di San Francisco atas keputusan yang cepat dan menyeluruh ini dan berharap yurisdiksi lain akan terus mengupayakan penyelesaian tepat waktu. Seperti yang telah kami tunjukkan secara konsisten selama proses ini, kami berkomitmen untuk bekerja secara kreatif dan kolaboratif untuk mengatasi masalah peraturan." tulis Smith.

Corley memutuskan bahwa FTC memiliki waktu hingga tanggal 14 Juli untuk mendapatkan penangguhan menunggu banding dari Pengadilan Banding Sirkuit Kesembilan untuk menunda kesepakatan lebih lanjut dari penutupan. Jika tidak, Microsoft dan Activision akan dapat menutup kesepakatan, memberi mereka cukup waktu untuk melakukannya sebelum tenggat waktu 18 Juli.

Bersamaan dengan surat putusan ini, Microsoft setuju untuk mengambil istirahat dari pertempuran hukum mereka untuk berkompromi dengan Otoritas kompetisi dan pasar Inggris (CMA). 

"Setelah keputusan pengadilan hari ini di AS, fokus kami sekarang kembali ke Inggris. Meskipun kami pada akhirnya tidak setuju dengan kekhawatiran CMA, kami sedang mempertimbangkan bagaimana transaksi dapat dimodifikasi untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara yang dapat diterima oleh CMA," ujar Smith dalam postingan berbeda.

"Untuk memprioritaskan pekerjaan pada proposal ini, Microsoft dan Activision telah setuju dengan CMA bahwa penundaan litigasi di Inggris akan menjadi kepentingan umum dan para pihak telah membuat pengajuan bersama untuk Banding Kompetisi Pengadilan untuk efek ini." tutup pernyataan itu.