Bagikan:

JAKARTA - Anthropic akhirnya merilis Kecerdasan Buatan (AI) yang terbuka untuk umum. Dijuluki Claude 2, chatbot ini akan bersaing ketat dengan ChatGPT dan Bard.

Persis seperti AI generatif lainnya, Claude 2 didukung oleh Model Bahasa Besar (LLM) di mana ia dapat menjawab pertanyaan dan petunjuk dalam bahasa alami. Anthropic mengatakan Claude 2 bisa meringkas teks, menulis dokumen, dan membantu tugas-tugas seperti coding dan matematika.

Sekarang, chatbot ini dapat diakses melalui Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) serta situs web beta baru claude.ai. Claude 2 API untuk bisnis ditawarkan dengan harga yang sama dengan Claude 1.3, model chatbot sebelumnya.

"Kami telah melakukan peningkatan dari model kami sebelumnya dalam pengkodean, matematika, dan penalaran. Model terbaru kami mendapatkan skor 76,5 persen pada bagian pilihan ganda ujian Pengacara, naik dari 73,0 persen dari Claude 1.3," ujar Anthropic dalam blog resminya, dikutip Rabu, 12 Juli.

Pengguna dapat memasukkan hingga 100.000 token (sekitar 75.000 kata) di Claude 2, yang dapat dicerna, diingat dan dianalisis model AI generatif tersebut dalam waktu kurang dari satu menit.

Sayangnya, beta Claude 2 baru tersedia di wilayah Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Belum diketahui pasti kapan Anthropic akan membuka aksesnya secara global.

Untuk mencoba Claude 2, ikuti cara di bawah ini.

1. Kunjungi Claude.ai/login dan masukkan alamat email Anda. Masukkan kode yang diterima di email dan kemudian ikuti instruksi untuk membuat akun.

2. Masukan nama lengkap Anda serta nama panggilan. Konfirmasikan bahwa Anda berusia minimal 18 tahun, setujui syarat dan ketentuan, dan lanjutkan.

3. Sebelum mulai menggunakan Claude 2, Anthropic akan membagikan peringatan yang menyatakan bahwa chatbot terkadang menghasilkan informasi yang salah, menyesatkan, atau menghasilkan konten yang menyinggung dan bias.

Chatbot juga tidak dirancang untuk memberikan nasihat profesional, termasuk nasihat hukum, keuangan, dan medis. Jangan mengandalkan Claude tanpa melakukan riset independen Anda sendiri.

4. Setelah Anda mengklik semua deklarasi hukum, Anda akan disajikan dengan kotak obrolan. Ketik perintah apa pun yang dapat Anda inginkan untuk memulai percakapan dengan Claude 2. Demikian dikutip dari BGR, Rabu, 12 Juli.