Bagikan:

JAKARTA - Intel mengumumkan mundur dari bisnis Next Unit of Computing (NUC) dengan berencana untuk berfokus pada bisnis chip yang jauh lebih menguntungkan.

NUC merupakan perangkat ringkas dan kecil yang memberi pengguna pengalaman lengkap, sama seperti PC lainnya. Perangkat tersebut dikirimkan dengan semua komponen, seperti prosesor, memori, SSD, dan dukungan untuk grafis.

Perusahaan meminta para mitra, seperti Dell dan HP untuk tetap membuat Personal Computer (PC) berbasis Small Form-Factor (SFF) dan berperan aktif dalam memastikan usaha tersebut terus berkembang.

“Kami telah memutuskan untuk menghentikan investasi langsung di Next Unit of Compute (NUC) Business dan mengubah strategi kami untuk memungkinkan mitra ekosistem kami melanjutkan inovasi dan pertumbuhan NUC,” kata juru bicara Intel dalam email.

“Keputusan ini tidak akan memengaruhi bisnis Client Computing Group (CCG) atau Network and Edge Computing (NEX) Intel lainnya. Selain itu, kami bekerja sama dengan mitra dan pelanggan kami untuk memastikan kelancaran transisi dan pemenuhan semua komitmen kami saat ini, termasuk dukungan berkelanjutan untuk produk NUC yang saat ini ada di pasar," imbuhnya.

Langkah Intel tampaknya wajar, mengingat perusahaan telah memfokuskan kembali pada bisnis intinya selama periode di mana mereka juga berinvestasi besar-besaran dalam operasi manufaktur dan bisnis pengecorannya sendiri.

Melansir Anandtech, Rabu, 12 Juli, Intel memasuki bisnis PC dengan desktop NUC ultra-kompak pada 2013, yang saat itu, perusahaan juga keluar dari pasar motherboard.

Awalnya, perusahaan hanya menargetkan pasar SOHO dengan barebone dan PC NUC, tetapi akhirnya memperluas jangkauan NUC dengan sistem untuk pengguna korporat yang memerlukan hal-hal seperti manajemen jarak jauh dan dukungan yang sesuai, dan bahkan mesin gim.

Namun demikian, mitra atau saingan OEM Intel tidak tinggal diam selama ini, dan raksasa teknologi itu tertinggal di beberapa area.

Tidak satu pun dari NUC Intel yang pernah beralih untuk diberdayakan melalui USB Type-C, dan NUC Intel yang lebih baru telah berjuang untuk membedakan diri dari kompetisi.