Google Assistant Menggantikan Fitur yang Hilang pada Jam Tangan Pintar Fossil Gen 6
Ilustrasi jam tangan Fossil. (foto: twitter @fossil)

Bagikan:

JAKARTA - Google Assistant menghilang dari banyak jam tangan pintar ketika pembaruan Wear OS 3 diluncurkan, hanya meninggalkan Jam Tangan Pixel dan Jam Tangan Galaxy terbaru dari Samsung yang mendukung fitur tersebut. Namun, kabar baiknya adalah Anda tidak perlu lagi beralih merek hanya untuk berbicara dengan Google di pergelangan tangan Anda.

Fossil akan menggulirkan pembaruan bulan ini yang menambahkan Asisten ke jam tangan Gen 6 yang menjalankan Wear OS 3. Hal ini mencakup model Fossil sendiri serta model sejenis dari Diesel, Michael Kors, dan Skagen, meskipun Anda perlu menyambungkannya dengan ponsel yang menjalankan Android standar dengan aplikasi Google (Android Go dan banyak ponsel China tidak akan didukung).

Fungsionalitasnya akan terasa familiar jika Anda pernah menggunakan jam tangan pintar dari Google atau Samsung. Anda dapat memanggil asisten kecerdasan buatan ini dengan mengatakan "hey Google," menahan tombol, atau mengetuk komplikasi di tampilan jam tangan.

Fitur ini memungkinkan Anda menjawab pesan teks, mengontrol musik, atau menangani tugas-tugas lain yang biasanya membutuhkan ponsel Anda. Namun, yang membedakan adalah Anda juga akan memiliki akses ke Alexa. Anda tidak akan terbatas pada satu ekosistem untuk memberikan perintah suara.

Namun, ini tidak akan terlalu membantu jika Anda menggunakan jam tangan Wear OS 3 dari merek lain, seperti Mobvoi atau Montblanc. Fossil merupakan salah satu merek jam tangan pintar yang paling populer dengan sistem operasi yang didukung oleh Google. Dukungan ini memastikan bahwa pemilik jam tangan pintar dari berbagai merek dapat menggunakan Google Assistant dan tidak perlu berurusan dengan layar yang sangat kecil.

Jika Anda baru mengenal jam tangan pintar, mungkin sebaiknya Anda menunggu sejenak sebelum membeli. Biasanya, Fossil memperkenalkan model baru Wear OS pada akhir musim panas, dengan pengecualian Gen 6 Wellness Edition yang sedikit ditingkatkan pada bulan Januari tahun ini.

Meskipun belum ada informasi mengenai kapan Gen 7 akan hadir atau apa yang akan ditawarkannya, kemungkinan besar pembaruan tersebut akan menjadi peningkatan signifikan jika dan ketika tersedia. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk membeli Gen 6 hanya karena Asisten sudah tersedia. Pembaruan ini lebih ditujukan bagi pemilik yang kehilangan fungsionalitas pada tahun lalu.