Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernah denger soal Google Smart Chips gak? Ataupun ngelihat fitur di Google Docs ataupun Sheets serta bingung apa itu? Di sini, kami hendak menarangkan Google Smart Chips serta metode memakainya. Pengen tahu cara menggunakan google smart chip?

Kalian tidak membutuhkan tipe akun Google Workspace spesial buat memakai Smart Chips. Kalian bakal melihat fungsi yang dipaparkan di dasar buat akun individu, bisnis, serta pembelajaran.

Apa itu Google Smart Chips?

Smart Chips adalah cuplikan yang dapat Anda sisipkan di Google Docs dan Google Sheets yang diperluas untuk menampilkan lebih banyak informasi. Saat Anda memilih atau cukup mengarahkan kursor ke Smart Chip, Anda bisa mendapatkan detail tambahan dan melakukan tindakan.

Ada beberapa jenis Smart Chips yang dapat dipilih tergantung pada detail yang ingin Anda sertakan:

Orang: Menampilkan nama, alamat email, dan tindakan ke email di Gmail, pesan, panggilan video, menjadwalkan acara, dan menambahkan atau mengedit kontak. Anda juga dapat membuka tampilan detail di Google Kontak di tab browser baru.

File: Menampilkan pratinjau kecil dengan opsi untuk membuka yang lebih besar (bila berlaku), menautkan ke file di Google app atau Google Drive yang sesuai, pemilik file, dan opsi untuk membagikan file.

Acara: Menampilkan detail acara dari Google Kalender termasuk judul, tanggal, dan waktu dengan tautan ke rapat, tombol untuk menyalin tautan ke acara, dan opsi untuk melampirkan dokumen saat ini ke acara. Anda juga dapat menekan tombol Tab untuk menyisipkan catatan rapat untuk acara tersebut.

Tempat: Menampilkan pratinjau Google Maps kecil dengan opsi untuk membuka yang lebih besar, jenis lokasi dan alamat, dan opsi untuk menyalin tautan ke lokasi di Maps atau mendapatkan petunjuk arah. Places Smart Chip saat ini hanya tersedia di Google Dokumen.

Tanggal: Menampilkan tanggal dengan opsi untuk memilih format tanggal dan memesan rapat. Masukkan kata seperti hari ini atau besok, atau tanggal lengkap dengan bulan, tanggal, dan tahun. Gunakan ikon roda gigi untuk memilih format tanggal yang ingin Anda gunakan.

Dates Smart Chip adalah bonus. Saat ini hanya berfungsi di Google Docs dan menggunakan simbol @ daripada menu Sisipkan.

Cara Menggunakan Google Smart Chip

Seperti yang disebutkan, Anda dapat memilih Smart Chip atau cukup mengarahkan kursor ke atasnya untuk melihat detailnya. Dengan jenis chip tertentu, Anda dapat melakukan tindakan tambahan. Ini bisa berguna tidak hanya untuk pembaca Anda, tetapi juga diri Anda sendiri.

Misalnya, Anda dapat memilih chip Orang dan menggunakan tombol Jadwalkan acara untuk menyiapkan rapat dengan kontak di Kalender Google. Kalender akan terbuka di tab browser baru.

Sebagai contoh lain, Anda dapat memilih chip Places dan menggunakan tombol Lihat arah. Ini membuka Google Maps di sidebar yang siap untuk Anda masukkan titik awal dan dapatkan petunjuk arah.

Untuk file, Anda bisa menyisipkan chip untuk dokumen, buku kerja, gambar, atau PDF. Kemudian, lihat pratinjau item di Smart Chip. Ini nyaman untuk mengonfirmasi bahwa Anda memiliki file yang benar atau sekadar melihat cuplikannya. Beberapa file mungkin juga menyediakan pratinjau yang lebih besar.

Jangan Lupakan Chips

Google Smart Chips adalah detail kecil yang luar biasa yang dapat Anda sertakan dalam laporan perusahaan, spreadsheet keuangan, catatan rapat, atau proposal bisnis. Pastikan untuk mengingat ini untuk dokumen Anda berikutnya dan nantikan Smart Chips baru di masa mendatang.

Jadi setelah mengetahui cara menggunakan google smart chip, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!