Menteri Transportasi AS Peringatkan Potensi Keterlambatan Pesawat Akibat Gangguan 5G C-Band
Menteri Transportasi AS, Pete Buttigieg, (foto: twitter @SecretaryPete)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Transportasi AS, Pete Buttigieg, memperingatkan pada Jumat 23 Juni bahwa terdapat potensi keterlambatan mulai 1 Juli bagi pesawat yang belum diperbarui radio altimeter-nya untuk mengatasi potensi gangguan C-Band 5G dan mendorong mereka untuk menyesuaikan jadwal jika diperlukan.

Meskipun lebih dari 80% armada domestik yang melayani bandara di AS telah diperbarui, Buttigieg menulis dalam suratnya kepada Airlines for America (A4A) bahwa "kami terus melihat jumlah pesawat yang masih menunggu retrofit yang signifikan, termasuk banyak yang dioperasikan oleh maskapai udara asing. Hal ini berarti terutama pada hari-hari cuaca buruk dan visibilitas rendah, dapat terjadi peningkatan keterlambatan dan pembatalan."

Kekhawatiran bahwa layanan 5G dapat mengganggu altimeter pesawat, yang memberikan data mengenai ketinggian pesawat di atas tanah dan sangat penting untuk pendaratan pada cuaca buruk, telah menyebabkan gangguan singkat di beberapa bandara AS tahun lalu saat maskapai internasional membatalkan beberapa penerbangan.

A4A, yang mewakili maskapai besar AS, mengatakan bahwa maskapai sedang bekerja untuk memperbarui altimeter, "tetapi rantai pasokan global terus tertinggal dari permintaan saat ini.... Anggota maskapai A4A yakin dengan kemampuan mereka untuk menjaga integritas jadwal mereka, meskipun batas waktu yang akan datang."

Maskapai internasional telah berulang kali memberikan peringatan mengenai batas waktu tersebut.

Tahun lalu, Verizon dan AT&T secara sukarela setuju untuk menunda penggunaan 5G C-Band tertentu hingga Juli ketika maskapai udara bekerja untuk retrofit altimeter pesawat.

Buttigieg mendorong maskapai yang akan terbang tanpa peralatan yang diperbarui "untuk segera menyesuaikan jadwal Anda secara proaktif.... Maskapai harus mempertimbangkan berapa banyak pesawat mereka yang masih perlu diretrofit saat menetapkan dan menyesuaikan jadwal untuk menghindari menyebabkan konsumen mengandalkan jadwal yang tidak realistis yang merugikan mereka."

Delta Air Lines mengatakan pada Jumat lalu bahwa pemasoknya memberitahu maskapai bahwa mereka tidak akan memiliki cukup radio altimeter untuk seluruh armada Delta pada tanggal 1 Juli.

Sekitar 190 pesawat narrowbody Delta belum dilengkapi dengan radio altimeter yang diperbarui, termasuk semua A220, sebagian besar A319 dan A320, dan beberapa A321. "Semua pesawat widebody Delta akan dilengkapi dengan radio altimeter yang diperbarui sebelum tanggal 1 Juli," kata maskapai tersebut, dikutip Reuters.

Reuters pertama kali melaporkan pada Maret bahwa operator nirkabel utama di AS setuju untuk mengambil beberapa tindakan sukarela untuk mengatasi kekhawatiran keselamatan penerbangan. Kesepakatan dengan AT&T, Verizon, T-Mobile US, dan UScellular, setelah berbagai perundingan dengan Administrasi Penerbangan Federal (FAA), memungkinkan operator nirkabel untuk meningkatkan level daya agar dapat menggunakan penuh C-Band pada tanggal 1 Juli.

Buttigieg menambahkan pada Jumat, "penumpang tidak boleh menjadi korban dari ketidakmampuan maskapai untuk melengkapi jumlah pesawat yang cukup untuk dapat beroperasi dengan aman dalam lingkungan C-Band 5G."

Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, beberapa tindakan telah diambil untuk memastikan kelancaran operasi penerbangan dan keselamatan penumpang. Meskipun demikian, tantangan pasokan global yang melambat dan jumlah pesawat yang belum diperbarui masih menjadi perhatian utama.

Dalam suratnya kepada Airlines for America, Buttigieg mendorong maskapai untuk menyesuaikan jadwal penerbangan mereka secara proaktif untuk menghindari gangguan yang tidak perlu bagi penumpang. Dia juga meminta maskapai untuk mempertimbangkan jumlah pesawat yang masih perlu diperbarui saat menetapkan dan mengatur jadwal, untuk menghindari ketergantungan penumpang pada jadwal yang tidak realistis.