Spesifikasi Kapal Selam Titan, <i>Submarine</i> Wisata Milik OceanGate yang Tenggelam di Samudera Atlantik
Kapal Selam Titan. (Foto: Twitter/@OceanGateExped)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam artikel ini akan dibahas spesifikasi kapal selam Titan, kapal selam wisata milik OceanGate yang tenggelam di Samudera Atlantik.

Diketahui, insiden tragis terjadi pada kapal selam Titan. Kapal selam tersebut mengalami kecelakaan dan gagal kembali ke permukaan setelah pergi menjelajah bangkai kapal Titanic.

Kapal selam itu diisi oleh miliarder dan petualang Inggris Hamis Harding (58), pengusaha kelahiran Pakistan Shahzada Dawood (48) yang berstatus warga Inggris dan putranya Suleman yang berusia 19 tahun, serta ahli kelautan asal Prancis dan pakar Titanic Paul-Henri Nargeolet (77).

Pada Minggu, 18 Juni 2023, kapal selam Titan dilaporkan hilang kontak setelah menyelam selama 1 jam 45 menit. Padahal, untuk menyelam ke lokasi bangkai kapal Titanic diperlukan waktu 2 jam dan 2 jam untuk kembali ke permukaan.

Setelah dilakukan pencarian selama beberapa hari, Penjaga Pantai Amerika menemukan puing-puing, termasuk kerucut ekor kapal selam dan dua bagian lambung kapal di dasar lautan yang berjarak 488 meter dari bangkai kapal Titanic.

US Coast Guard Laksamana Muda John Mauger mengatakan kapal selam Titan mengalami ledakan dahsyat dan seluruh penumpang dinyatakan tewas.

Spesifikasi Kapal Selam Titan

Titan sendiri merupakan kapal selam wisata yang dioperasikan oleh OceanGate OceanGate Expeditions, sebuah perusahaan wisata laut dalam.

Dikutip dari laman Economic Times, kapal selam Titan memiliki kontruksi yang unik. Kapal ini dibuat dengan material titanium dans serat karbon filamin.

Kapal selam Titan berbobot 20.000 pound atau setara dengan 9.072 kg saat mengapung di udara. Kapal selam ini dibekali dengan pemberat khusus untuk mencapai daya apung netral setelah mencapai dasar laut.

Tian berbeda dengan kapal selam atau submarine pada umumnya. Hal ini karena bagian lambungnya terbentuk dari kombinasi serat karbon dan titanium sehingga membuatnya lebih tingan daripada kapal selam berbahan baja.

Dari segi ukuran, kapal selam Titan terlihat mirip dengan minivan. Ruang kabinnya terbatas untuk penumpang.

Berdasarkan foto yang diunggah Ocean Gate di laman resminya, bentuk kapal selam Titan terlihat seperti tabung logam. Meski begitu, penumpang kapal selam ini dapat dudup di lantai datar dan bersandar pada dinding melengkung.

Kendati tidak tersedia kursi dan ruang kepalanya minim, di dalam kapal selam titan masih terdapat pencahayaan. Penumpang yang berada di dalamnya tidak bergerak secara leluasa karena ruang yang terbatas.

Kapal selam wisata ini dapat menyelam dengan kedalaman hingga empat kilometer dengan batas keamanan yang memadai.

Titan dibekali dengan mekanisme keselamatan yang memudahkan untuk mencapai permukaan dengan cara melepaskan karung pasir, pipa timah, dan juga balon udara.

Desainnya memungkinkan fitur dapat digunakan ketika penumpang dalam kondisi tidak berdaya.

Kapal selam Titan diklaim telah menyelesaikan 50 kali penyelaman, termasuk ke penyelaman yang kedalamannya kapal Titanic.

Selama ekspedisi menjelajah lautan yang dilakukan OceanGate pada 2022, kapal selam ini pernah mengalami masalah baterai pada penyelaman awal dan butuh penanganan manual untuk mengangkat platformnya.

Penumpang yang ingin menjelajah lautan dengan kapal selam Titan selama 10 jam, diharuskan membayar sekitar 250 ribu dolar AS atau sekitar Rp3,7 miliar. Sebelum melakukan perjalanan, penumpang harus menandatangani surat peryataan yang di dalamnya terdapat kata 'kematian' sebanyak tiga kali.

Demikian informasi tentang spesifikasi kapal selam Titan, submarine milik OceanGate yang tenggelam di Samudera Atlantik. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.