Mau Liburan ke Bangkai Kapal Titanic? Harus Siap Uang 125 Ribu Dolar AS
Bangkai kapal Titanic. (Foto: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah perusahaan kelautan menawarkan kesempatan bagi yang berminat untuk melihat bangkai kapal Titanic lebih dekat. Perusahaan yang bernama OceanGate Expeditions itu akan melakukan misi spesial dan mengajak orang-orang yang berminat untuk bergabung dengan mereka dalam serangkaian penyelaman ke bangkai kapal yang terkenal tersebut.

Namun bagi orang-orang yang berminat melihat bangkai kapal Titanic lebih dekat harus merogoh kocek sangat dalam. Diperlukan biaya 125 ribu dolar AS untuk petualangan yang benar-benar luar biasa ini.

Selain itu, orang-orang tersebut juga harus diseleksi terdahulu dan orang yang berhasil lolos mendapat julukan 'spesialis misi.' Presiden OceanGate Stockton Rush sangat ingin menekankan fokusnya adalah pada pelestarian apa yang tersisa dari kapal yang tenggelam untuk generasi mendatang.

Mengutip The Vintage News, Sabtu 28 November, Rush menyadari bahwa Titanic tidak akan bertahan lama lagi. Diharapkan adanya relawan penyelam untuk memindai dan merekam Titanic untuk pemodelan 3D di masa mendatang. Tindakan mendesak lainnya termasuk menilai kondisi RMS Titanic dan bertemu dengan sekitar 300 penghuni laut unik dari habitat yang berbeda.

"Jika Anda bertanya kepada seseorang apa yang ada di bawah air, mereka akan menjawab hiu, paus, dan Titanic," kata Rush.

Dengan memulai secara besar-besaran, ia berharap dapat mempromosikan gagasan membantu untuk mengabadikan kapal karam bersejarah di tersebut.

Direncanakan mulai Mei 2021, pengalaman berpetualang ke Titanic ini melibatkan perjalanan ke Atlantik dari Newfoundland. Pelayaran hampir 400 mil ini berpuncak pada peserta yang menaiki Titan, kapal selam canggih yang dikembangkan dengan pengetahuan NASA. Dikenal sebagai Cyclops, kapal bermata satu menempatkan tamu lebih dekat dengan Titanic secara dekat.

Saat ini yang ditawarkan adalah enam perjalanan masing-masing 10 hari. Penyelaman mendalam di kapal selam berlangsung antara 8 dan 10 jam. Titan dapat menampung 5 penumpang, 3 dari mereka akan menjadi "ilmuwan" yang sangat penting. Mereka bahkan memiliki kesempatan untuk mengarahkan kapal selam.

Titan dirancang untuk menjelajah kedalaman 3.800 kaki, di mana Titanic telah terbaring sejak 1912. Saat menabrak gunung es pada pelayaran perdananya, lambung kapal robek. Sebanyak 705 orang dari 2.000 penumpang selamat. Bangkai kapal Titanic akhirnya ditemukan pada 1985. Bangkai kapal itu terbagi dalam 2 bagian, terpisah 2.000 kaki.

Sebanyak 54 slot tersedia untuk perjalanan tersebut. Semua slot tersebut pun sudah hampir penuh. Rush mengatakan dia memiliki daftar orang-orang yang akan mengikuti enam ekspedisi pertama dari Mei hingga Juli, dengan ruang tambahan yang tersedia.

Selain itu, Rush dikabarkan ingin menjadikan ekspedisi Titanic itu sebagai kegiatan tahunan, jika misi awal Mei sampai Juli 2021 terbukti berhasil. OceanGate memperkirakan bahwa beberapa misi yang dilakukan selama beberapa tahun akan diperlukan untuk mendokumentasikan puing-puing sepenuhnya.

Minat akan tempat peristirahatan terakhir Titanic yang juga merupakan situs Warisan Budaya UNESCO, masih tinggi di abad ke-21. Selain rencana OceanGate, ada 2 misi yang sedang dikembangkan. Salah satunya adalah perjalanan yang menelusuri jalur air yang sama dengan Titanic.