Tak Mau Orang Lain Mengintip WhatsApp Anda? Coba Fitur Baru Whatsapp Privacy Checkup
Ilustrasi WhatsApp (foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Whatsapp lagi-lagi memiliki fitur baru yang berkaitan dengan keamanan penggunanya. Fitur baru tersebut bernama Whatsapp Privacy Checkup. Artikel berikut ini akan membahas pengertian hingga fungsi fitur Whatsapp Privacy Checkup.

Whatsapp Privacy Checkup

Privacy Checkup atau pemeriksaan privasi adalah fitur baru yang tersedia dalam aplikasi pesan instan Whatsapp yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan serta privasi penggunanya secara mudah.

Fitur baru WhatsApp ini menjadikan aplikasi disebut makin aman, terutama dari para penguntit dan pengintip. Pasalnya, lewat fitur ini pemilik dapat membatasi bahkan menyembunyikan beberapa hal seperti status online, foto profil, panggilan yang dapat dibatasi, hingga informasi profil.

Privacy Checkup mengelompokkan seluruh fitur privasi tersebut ke dalam empat hal demi memudahkan pengguna yakni sebagai berikut.

  1. Membatasi siapa saja yang bisa menghubungi

Bagan ini dimaksudkan agar pengguna bisa mengontrol siapa saja yang bisa menghubungi mereka lewat panggilan WhatsApp, mengingat tak semua orang mau menerima panggilan. Di sini, pengguna juga akan diberi opsi melakukan kontrol yang berkaitan dengan grup, membisukan penelponasing, hingga melakukan pemblokiran kontak.

  1. Pengontrolan informasi pribadi pengguna

Lewat bagan ini, pengguna sangat dimungkinkan untuk mengontrol informasi yang sifatnya pribadi misalnya status atau aktivitas online. Selain itu pengguna juga bisa mengontrol beberapa hal seperti foto profil, kapan pengguna melihat akun WhatsApp mereka, keterangan online, hingga read receipts.

  1. Penambahan privasi pada obrolan

Anda ingin menambahkan privasi yang lebih dari biasanya pada obrolan Anda? Hal itu sangat memungkinkan dilakukan. Di bagan ini pengguna akan mendapat kontrol mencakup pengatur waktu pesan default serta cadangan enkripsi end to end.

  1. Melindungi akun

WhatsApp juga memungkinkan Anda melindungi akun pesan dengan dengan opsi ini. Pengguna bisa menemukan kunci sidik jari serta pilihan verifikasi dua langkah yang akan membuat akun WhatsApp lebih terlindungi dari peretasan.

Cara aktifkan Whatsapp Privacy Checkup juga cukup mudah. Pengguna dapat menemukan fitur Whatsapp Privacy Checkup di menu “Privacy”. Setelah mengetuk menu tersebut, klik simbol titik tiga vertikal yang letaknya ada di pojok kanan atas. Setelah itu akan muncul notifikasi baru dengan tulisan “Privacy Checkup”. Lewat situ pengguna bisa mengontrol privasi dengan pengaturan yang diinginkan.

Selain Privacy Checkup, WhatsApp juga meluncurkan fitur baru yang dinamakan Silence Unknown Callers. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya membisukan telepon dari nomor yang tak dikenal secara otomatis. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna WhatsApp tak perlu mengkhawatirkan panggilan spam atau asing yang berbahaya sekaligus mengganggu.

Itulah informasi tentang fitur baru Whatsapp Privacy Checkup. Anda bisa mendapatkan informasi terbaru tentang WhatsApp dan kabar teknologi lain dengan mengunjungi VOI.ID.