Meta Kembali Aktifkan Akun Instagram Robert F. Kennedy Jr. setelah Jadi Kandidat Presiden AS
Robert F. Kennedy Jr., keponakan dari mantan Presiden John F. Kennedy. (foto: instagram @officialrobertfkennedyjr)

Bagikan:

JAKARTA - Meta Platform Inc.,  pemilik Instagram, pada Minggu 4 Juni menghapus suspensi terhadap akun Robert F. Kennedy Jr., keponakan dari mantan Presiden John F. Kennedy, seperti dilaporkan oleh The Washington Post.

Kennedy, yang sedang mencoba peluangnya yang kecil untuk menantang Joe Biden dalam pencalonan Demokrat, telah dihapus dari platform berbagi foto tersebut pada tahun 2021 karena dugaan berbagi klaim yang sudah dibantah mengenai COVID-19 yang melanggar kebijakan platform tersebut terkait pandemi.

"Karena dia sekarang menjadi kandidat aktif untuk presiden Amerika Serikat, kami telah mengembalikan akses ke akun Instagram Robert F. Kennedy Jr.," kata juru bicara Meta, Andy Stone, dalam sebuah pernyataan seperti yang dilaporkan oleh surat kabar tersebut.

Pada  Kamis, 1 Juni, Kennedy dalam serangkaian cuitannya menyatakan bahwa Instagram masih belum mengaktifkan kembali akunnya dan bahwa "untuk membungkam seorang kandidat politik utama adalah sangat tidak demokratis."

Pada tahun 2019, kerabat Kennedy, termasuk Kathleen Kennedy Townsend, Joseph P. Kennedy II, dan Maeve Kennedy McKean, menulis sebuah artikel opini di Politico yang mengkritik pernyataan Kennedy sebelumnya mengenai vaksin sebagai "informasi yang keliru."

Pada bulan September 2021, YouTube milik Alphabet Inc juga melarang saluran yang terkait dengan Robert F. Kennedy Jr. dan aktivis anti-vaksin terkemuka lainnya, Joseph Mercola. Meta tidak segera memberikan tanggapan atas permintaan komentar dari Reuters.