Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memerintahkan  Dinas Rahasia/Secret Service untuk melindungi calon presiden independen Robert F. Kennedy Jr (RFK Jr) menyusul percobaan pembunuhan Donald Trump akhir pekan lalu.

Informasi ini disampaikan Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas pada Senin, 15 Juli, waktu setempat.

Tim kampanye RFK Jr. telah meminta perlindungan Secret Service jauh sebelum upaya pembunuhan terhadap mantan Presiden Donald Trump.

Keluarga Kennedy sangat menyadari betapa cepatnya nyawa dapat direnggut oleh seorang penyerang — ayah RFK Jr., Robert F. Kennedy, dan pamannya, John F. Kennedy, dibunuh pada tahun 1960an.

“Mengingat kejadian akhir pekan ini, presiden telah mengarahkan saya untuk bekerja sama dengan Dinas Rahasia untuk memberikan perlindungan kepada Robert Kennedy Jr.,” Mayorkas mengumumkan pada konferensi pers Gedung Putih dilansir CBS News.

Kennedy masih berusaha untuk tampil dalam pemungutan suara di seluruh negeri, dan cita-citanya sebagai presiden masih jauh dari harapan.

Namun dia mendapat dukungan kuat dari sejumlah warga Amerika, dan acaranya menarik perhatian banyak orang.

Terkait penembakan Trump, Biden telah memerintahkan peninjauan independen terhadap kampanye akbar Trump pada Sabtu akhir pekan lalu dan penanganan situasi oleh penegakan hukum.

Trump tidak mengalami luka serius saat tertembak, namun satu penonton tewas, dan dua lainnya kritis.