Tether Akan Meluncurkan Penambangan Bitcoin di Uruguay dengan Energi Terbarukan
Tether mengumumkan rencananya untuk meluncurkan operasi penambangan Bitcoin di Uruguay. (foto: twitter @tether_to)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan penerbit stablecoin Tether telah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan operasi penambangan Bitcoin di Uruguay.

Dalam pengumuman pada 30 Mei, Tether mengatakan mereka berencana untuk memulai divisi penambangan di negara Amerika Selatan ini "bekerja sama dengan perusahaan lokal yang telah mendapatkan lisensi", serta melakukan investasi dalam produksi energi di Uruguay.

Perusahaan penerbit stablecoin tersebut mengklaim bahwa usaha ini akan menggunakan sumber energi terbarukan untuk penambangan Bitcoin yang "berkelanjutan" dan berencana untuk merekrut anggota tim tambahan.

"Dengan memanfaatkan kekuatan Bitcoin dan kemampuan energi terbarukan Uruguay, Tether memimpin jalan dalam penambangan Bitcoin yang berkelanjutan dan bertanggung jawab," kata Paolo Ardoino, kepala teknologi Tether. "Komitmen kami yang tak tergoyahkan terhadap energi terbarukan memastikan setiap Bitcoin yang kami tambang meninggalkan dampak ekologis yang minimal sambil menjaga keamanan dan integritas jaringan Bitcoin."

Tether mengutip kemampuan Uruguay untuk menghasilkan 94% listriknya dari sumber energi terbarukan, termasuk energi angin, energi surya, dan kemungkinan energi hidro, serta keandalan jaringan listriknya. Pada saat pengumuman ini, lowongan pekerjaan di situs web mereka juga mengindikasikan ekspansi ke Afrika Selatan dan Brasil.

Pengumuman penambangan ini menyusul pernyataan Tether bahwa mereka berencana untuk "secara teratur mengalokasikan hingga 15%" dari keuntungan mereka untuk pembelian Bitcoin.

Perusahaan penerbit stablecoin tersebut melaporkan bahwa mereka memiliki sekitar 1,5 miliar dolar AS (Rp22,5 triliun) Bitcoin pada kuartal pertama 2023 — 2% dari total cadangan mereka. Tether menyimpan sebagian besar asetnya dalam bentuk uang tunai, setara uang tunai, dan Surat Utang Negara Amerika Serikat.